MASIGNCLEAN101

Panduan Penyusunan Rpp K13 Revisi 2017 Pdf

Penyusunan rpp kurikulum 2013 revisi 2017 tentunya berbeda dengan tahun 2016. Salah satu perbedannya terletak pada acara pembelajaran yang harus memunculkan literasi, hots, pk dan 4c.

Adapun untuk mempermudah sobat guru dalam menciptakan rpp kurikulum 2013 yang baik dan benar dalam artian sesuai dengan aturan terbaru, maka akan admin tuliskan secara lengkap perihal "panduan penyusunan rpp k13 revisi 2017".

Pada postingan ini kami juga membagikan format rpp k13 revisi 2017 dalam format ppt, pdf dan doc. Nah semoga lebih terperinci berikut yakni panduannya

 Salah satu perbedannya terletak pada acara pembelajaran yang harus memunculkan literas panduan penyusunan rpp k13 revisi 2017 pdf

Jika membutuhkan silahkan ==> download panduan penyusunan rpp kurikulum 2013 revisi 2017 pdf - SIMPAN PDF File

A. Tujuan
Bagi guru yang telah mengikuti sesi bimtek panduan penyusunan rpp k13 revisi 2017, maka dapat:

  1. menjelaskan landasan aturan penyusunan RPP,
  2. menjelaskan pengertian RPP,
  3. menjelaskan prinsip penyusunan RPP,
  4. menjelaskan komponen dan format RPP,
  5. menuliskan isi setiap komponen dalam format RPP, dan
  6. menyusun RPP untuk serangkaian KD menurut Kurikulum 2013.
B. Uraian Materi

1. Pengertian
RPP yakni rencana acara pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan acara pembelajaran penerima didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).Rujukan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yakni Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 perihal Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap semoga pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi penerima didik untuk berpartisipasi aktif, serta menawarkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis penerima didik.

Pengembangan RPP dilakukan sebelum semester atau tahun pelajaran dimulai, namun perlu diperbaharui sebelum pembelajaran dilaksanakan. Pengembangan RPP sanggup dilakukan oleh guru secara berdikari dan/atau berkelompok di sekolah/madrasah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepalasekolah/ madrasah.Pengembangan RPP sanggup juga dilakukan oleh guru secara berkelompok antarsekolah atau antarwilayah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh dinas pendidikan atau kantor Kementerian Agama setempat.

2. Prinsip Penyusunan RPP
Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:

a. Perbedaan individual penerima didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan penerima didik.

b. Partisipasi aktif penerima didik.

c. Berpusat pada penerima didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi, dan kemandirian.

d. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk berbagi kegemaran membaca, pemahaman bermacam-macam bacaan, dan berekspresi dalam banyak sekali bentuk tulisan.

e. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan agenda derma umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedial.

f. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, bahan pembelajaran, acara pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber berguru dalam satu keutuhan pengalaman belajar.

g. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.

h. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

3. Komponen RPP

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 perihal Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menyebutkan komponen RPP adalah:

  • identitas sekolah, yaitu nama satuan pendidikan,
  • identitas mata pelajaran atau tema/subtema,
  • kelas/semester,
  • bahan pokok,
  • alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban berguru dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai,
  • tujuan pembelajaran yang dirumuskan menurut KD, dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur, yang mencakup: sikap, pengetahuan, dan keterampilan,
  • kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi,
  • bahan pembelajaran, memuat: fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi,
  • metode pembelajaran, dipakai oleh pendidik untuk mewujudkan suasana berguru dan proses pembelajaran semoga penerima didik mencapai KD yang diadaptasi dengan karakteristik penerima didik dan KD yang akan dicapai,
  • media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk memberikan bahan pelajaran,
  • sumber belajar, sanggup berupa: buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber berguru lain yang relevan,
  • langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan: pendahuluan, inti, dan penutup, dan
  • evaluasi hasil pembelajaran
4. Format RPP

Mempertimbangkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 perihal Standar Proses dan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 perihal Pembelajaran padaPendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, komponen RPP di atas secara operasional sanggup diwujudkan dalam teladan format RPP berikut ini.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP...)

Sekolah :
Mata Pelajaran :
Kelas/Semester :
Materi Pokok :
Alokasi Waktu :

  • A. Kompetensi Inti
  • B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
  • C. Tujuan Pembelajaran
  • D. Materi Pembelajaran
  • E. Metode Pembelajaran
  • F. Media dan Bahan
  • G. Sumber Belajar
  • H. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan pertama

a. Kegiatan Pendahuluan
b. Kegiatan Inti
c. Kegiatan Penutup

2. Pertemuan kedua …. Dst…

I. Penilaian
1. Teknik penilaian

a. Sikap spiritual
b. Sikap sosial
c. Pengetahuan
d. Keterampilan
2. Instrumen Penilaian

 Salah satu perbedannya terletak pada acara pembelajaran yang harus memunculkan literas panduan penyusunan rpp k13 revisi 2017 pdf
5. Penulisan isi setiap komponen dalam RPP

Di bawah ini yakni format RPP k13 revisi 2017 Sekolah Menengah Pertama kelas 8 dengan bahan pokok teks iklan menurut teladan format dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 perihal Standar Proses dan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 perihal Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah .

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Prabumulih

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester : VIII/1

Materi Pokok : Iklan, Slogan, dan Poster

Alokasi Waktu : 8 X 40 Menit ( 4 pertemuan)

A. KOMPETENSI INTI

1. Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya.

2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan daerah regional.

3. Memahami pengetahuan(Faktual,konseptual, dan prosedural) Berdasarkan rasa ingin taunya perihal ilmu penegetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan bencana tampak mata.

4. Mencoba mengolah dan menyaji dalam ranah konkret (Menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan menggarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4
 Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan,slogan,proses ( yang menciptakan gembira dan memotivasi) dari banyak sekali sumber yang dibaca dan didengar.
3.4.1

3.4.2

3.4.3

3.4.4


Menentukan ciri  iklan dengan tepat
Menentukan ciri  slogan dengan tepat
Menentukan ciri  poster dengan benar .
Membedakan iklan,slogan dan poster dengan benar
4.4
Menyajikan gagasan, pesan dan undangan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara verbal dan tulis.
4.4.1

4.4.2

4.4.3


Membuat iklan, dengan tepat

Membuat slogan dengan tepat

Membuat poster dengan benar
C. TUJUAN PEMBELAJARAN

Pertemuan Pertama Setelah mengikuti pembelajaran perihal iklan slogan dan poster, siswa dibutuhkan dapat:

  1. Menentukan ciri dalam iklan.
  2. Menentukan ciri dalam slogan.
  3. Menentukan ciri dalam poster.
Pertemuan Kedua

Setelah mengikuti pembelajaran Menentukan ciri dalam iklan slogan dan poster, siswa dibutuhkan sanggup membedakan iklan,slogan dan poster

Pertemuan Ketiga

Setelah mengikuti pembelajaran iklan, slogan, dan poster, siswa dibutuhkan sanggup menciptakan iklan

Pertemuan Keempat

Setelah mengikuti pembelajaran iklan, slogan, dan poster, siswa dibutuhkan sanggup menciptakan slogan.

Pertemuan Kelima

Setelah mengikuti pembelajaran iklan, slogan, dan poster, siswa dibutuhkan sanggup menciptakan poster

D. MATERI PEMBELAJARAN
  1. Pengertian iklan slogan dan poster
  2. Ciri kebahasan iklan slogan dan poster
  3. Struktur kebahasaan iklan, slogan, dan poster
E. METODE/MODEL PEMBELAJARAN
- Saintifik

F. MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR

1. Media:: - LCD proyektor
2. Bahan :
a. Contoh Teks Iklan dari banyak sekali sumber
b. Contoh Teks slogan dari banyak sekali sumber
c. Contoh Teks Poster dari banyak sekali sumber

3. Sumber belajar:

Harsiati,.Titik dkk.2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian, Balitbang, Kemdikbud, Hlm, 243-253.

Harsiati,.Titik dkk. 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian, Balitbang, Kemdikbud. Hlm, 117-121. Kemdikbud. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia edisi 4. Badan Jakarta: Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. .

G. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan Pertama
Langkah/
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
-       Guru membuka acara pembelajaran dengan berdoa. (PPK)
-       Guru menanyakan absensi siswa.
-       Guru memberikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
-       Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah acara yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
1          10’
Kegiatan Inti
-       Guru menayangkan contoh teks Iklan poster dan slogan(LITERASI)
-       Siswa mengamati tayangan iklan poster dan slogan.
-       Siswa menuliskan prediksi ciri  iklan poster dan slogan  berdasarkan contoh yang telah diamati.
-       Siswa mengidentifikasi ciri iklan poster dan slogan.
-       Guru menanyakan bahan yang akan diajarkan.
-       Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari empat orang.
-       Siswa dalam kelompok mengamati iklan poster dan slogan. (4C)
-       Dengan dipandu guru, siswa menciptakan pertanyaan secara berkelompok mengenai informasi dalam iklan poster dan slogan.
-       Masing-masing kelompok mencari informasi dari banyak sekali sumber informasi atau berdiskusi dengan anggota kelompoknya tentang iklan poster dan slogan. (4C)
-       Siswa menuliskan informasi yang diperoleh dari iklan poster dan slogan.
-       Siswa mempresentasikan hasil kerja diskusi kelompok di depan kelas. (4C)
-       Siswa lain diberi kesempatan untukmenyampaikan tanggapan.
60’
Penutup
-       Guru memberi penguatan terkait dengan bahan yang telah dipelajari.
-       Siswa dibantu oleh guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
-       Siswa mendapatkan kiprah dari guru untuk menemukan informasi iklan poster dan slogan. (HOTS)
-       Siswa merefleksi proses KBM yang berlangsung.
-       Guru beserta siswa mengakhiri acara berguru mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa.
10’

Pertemuan Kedua

Langkah/
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
-       Guru membuka acara pembelajaran dengan berdoa.
-       Guru menanyakan absensi siswa.
-       Guru memberikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
-       Guru menawarkan motivasi kepada siswa
-       Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah acara yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
1          10’
Kegiatan Inti
-       Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas empat orang.
-       Siswa mengamati sebuah iklan poster dan slogan secara berkelompok (literasi)
-       Setiap kelompok mengidentifikasi ciri iklan poster dan slogan.
-       Siswa menuliskan informasi dari teks iklan poster dan slogan.
-       Dengan dipandu guru, siswa menciptakan pertanyaan secara berkelompok mengenai ciriiklan poster dan slogan.
-       Siswa menukarkan hasil kerja dengan hasil kerja kelompok lain.
-       Setiap kelompok menawarkan evaluasi atas hasil kelompok lain.
-       Setiap kelompok memberikan hasil penilaiannya, kelompok lain menanggapi.
60’
Penutup
-       Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
-       Siswa mendapatkan kiprah dari guru, yaitu mencari dan mengamati iklan poster dan slogan dari banyak sekali sumber.
-       Guru beserta siswa mengakhiri acara berguru mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa.
10’
Pertemuan ketiga

Langkah/
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
-       Guru membuka acara pembelajaran dengan berdoa.
-       Guru menanyakan absensi siswa.
-       Guru memberikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
-       Guru menawarkan motivasi kepada siswa
-       Guru dan siswa menyepakati langkah- langkah acara yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
1          10’
Kegiatan Inti
-       Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 4 orang.
-       Siswa dalam kelompok membuat iklan
-       Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
-       Siswa lain diberi kesempatan untuk memberikan jawaban tentang iklan
60’
Penutup
-       Guru memberi penguatan terkait dengan bahan yang telah dipelajari.
-       Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
-       Siswa diberi kiprah untuk menyimpulkan ciriiklan dari banyak sekali sumber.
-       Guru beserta siswa mengakhiri acara berguru mengajar dengan mengucap syukur.
10’
Pertemuan keempat

Langkah/
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
-       Guru membuka acara pembelajaran dengan berdoa.
-       Guru menanyakan absensi siswa.
-       Guru memberikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
-       Guru menawarkan motivasi kepada siswa
-       Guru dan siswa menyepakati langkah- langkah acara yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
1          10’
Kegiatan Inti
-       Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 4 orang.
-       Siswa dalam kelompok membuat slogan
-       Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
-       Siswa lain diberi kesempatan untuk memberikan jawaban tentang slogan .
60’
Penutup
-       Guru memberi penguatan terkait dengan bahan yang telah dipelajari.
-       Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
-       Siswa diberi kiprah untuk menyimpulkan cirislogan dari banyak sekali sumber.
-       Guru beserta siswa mengakhiri acara berguru mengajar dengan mengucap syukur.
10’
Pertemuan kelima

Langkah/
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
-       Guru membuka acara pembelajaran dengan berdoa.
-       Guru menanyakan absensi siswa.
-       Guru memberikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
-       Guru menawarkan motivasi kepada siswa
-       Guru dan siswa menyepakati langkah- langkah acara yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
1          10’
Kegiatan Inti
-       Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 4 orang.
-       Siswa dalam kelompok membuat slogan
-       Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
-       Siswa lain diberi kesempatan untuk memberikan jawaban tentang slogan .
60’
Penutup
-       Guru memberi penguatan terkait dengan bahan yang telah dipelajari.
-       Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
-       Siswa diberi kiprah untuk menyimpulkan cirislogan dari banyak sekali sumber.
-       Guru beserta siswa mengakhiri acara berguru mengajar dengan mengucap syukur.
10’



H. PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL, DAN PENGAYAAN

1. Teknik Penilaian

a. Sikap (spiritual dan sosial) Observasi (jurnal)

b. Pengetahuan

1) Tes tertulis (Uraian)

2) Penugasan (Lembar Kerja)

c. Keterampilan : Praktik (Penilaian Praktik)

2. Pembelajaran Remedial

Kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:

  • pembelajaran ulang
  • bimbingan perorangan
  • berguru kelompok
  • pemanfaatan tutor sebaya

bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan berguru sesuai hasil analisis penilaian.

3. Pembelajaran Pengayaan

Berdasarkan hasil analisis penilaian, siswa yang sudah mencapai ketuntasan berguru diberi acara pembelajaran pengayaan untuk ekspansi dan/atau pendalaman bahan (kompetensi) antara lain dalam bentuk kiprah mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku acuan dan mewawancarai narasumber.

demikianlah yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat.


Sumber https://www.artikelblogq.com/