MASIGNCLEAN101

Rpp Matematika Kelas 7 K13 Revisi 2017 Doc (Hots, Literasi, Ppk & 4C)

 Pemetaan KD menurut Silabus dan Buku Guru Revisi  rpp matematika kelas 7 k13 revisi 2017 Doc (Hots, Literasi, PPK & 4C)

Contoh rpp kurikulum 2013 matematika Sekolah Menengah Pertama kelas 7 semester 1 & 2 yang terbaru yaitu sebagai berikut: KI-KD menurut Permendikbud 24/2016, Pemetaan KD menurut Silabus dan Buku Guru Revisi 2017, Format RPP menurut Permendikbud 22/2016, RPP terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS, dan terakhir yaitu Format evaluasi menurut Permendikbud 23/2016. Semoga dipahami

Admin berharap sehabis membaca klarifikasi diatas para guru harus lebih cendekia lagi mencari rpp k13 yang benar-benar revisi dan pastinya sudah dalam format Word.

Untuk info lebih lengkap langung saja simpan master perangkat pembelajaran matematika kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2017 melalui tautan dibawagh ini atau eksklusif kopi paste format rpp nya dibawah

  • Cover Perangkat Matematika Kelas 7 Revisi 2017 - Comot File

  • KI-KD Matematika SMP/MTs K13 Revisi 2017 (Lamp. 15 Permendikbud 24/2016) - Comot File

  • Silabus Matematika Kelas 7 Revisi 2017 - Comot File

  • Analisis Kompetensi Dasar Matematika Kelas 7 - Comot File

  • Analisis SKL Matematika Kelas 7 - Comot File

  • Penetapan IPK Matematika Kelas 7 - Comot File

  • Analisis Keterkaitan KI, KD dan Materi Pembelajaran Matematika Kelas 7 - Comot File

  • Pemetaan KD dan Teknik Penilaian Matematika Kelas 7 - Comot File

  • Penetapan KKM Matematika Kelas 7 - Comot File

  • Kalender Pendidikan 2018/2019 - Comot File

  • Analisis Alokasi Waktu Matematika Kelas 7 TP 2017/2018 - Comot File

  • Program Tahunan Matematika Kelas 7 TP 2017/2018 - Comot File

  • Program Semester Matematika Kelas 7 TP 2017/2018 - Comot File

  • RPP Matematika Kelas 7 Revisi 2017 terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS - Comot File

  • Format-format Penilaian Matematika Kelas 7 - Comot File

  • Blanko Penilaian Matematika Kelas 7 (Excel) - Comot File

Format rpp matematika kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2017 semester 1 & 2

Berikut yaitu Contoh singkat format rpp k13 revisi 2017 kelas 7 dibawah ini materi pokok nya yaitu Bilangan Bulat dan Pecahan. biar bermanfaat

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMP...
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII / Ganjil
Materi Pokok : Bilangan Bulat dan Pecahan
Alokasi Waktu : 7 Minggu x5 Jam Pelajaran @40 Menit

A. Kompetensi Inti

KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan daerah regional.

• KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan insiden tampak mata.

• KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abnormal sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

Kompetensi Dasar
Indikator
3.1 Menjelaskan dan memilih urutan pada bilangan lingkaran (positif dan negatif) dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)
3.1.1.         Menjelaskan urutan pada bilangan lingkaran dan pecahan
3.1.2.         Mengurutkan bilangan, negative, bilangan positif, bilangan bulat, bilangan pecahan, bilangan orisinil dan bilangan cacah
3.1.3.         Menentukan suatu pola sebuah bilangan
4.1 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan lingkaran dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)
4.1.1.         Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan lingkaran dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)
3.2 Menjelaskan dan melaksanakan operasi hitung bilangan lingkaran dan pecahan dengan memanfaatkan aneka macam sifat operasi
3.2.1.         Menyebutkan sifat-sifat operasi bilangan lingkaran dan pecahan
3.2.2.         Menjelaskan aneka macam sifat operasi hitung yang melibatkan bilangan lingkaran dan pecahan
3.2.3.         Menentukan hasil operasi hitung bilangan lingkaran dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan aneka macam sifat operasi
4.2 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan lingkaran dan pecahan
4.2.1.         Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan lingkaran dan pecahan
3.3 Menjelaskan dan memilih representasi bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat lingkaran positif dan negatif
3.3.1.         Menyatakan suatu bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat
3.3.2.         Menjelaskan representasi bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat lingkaran positif dan negative
3.3.3.         Menentukan representasi bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat lingkaran positif dan negatif
4.3 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat lingkaran positif dan negatif
4.3.1.         Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat lingkaran positif dan negatif

C. Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak klarifikasi guru, akseptor didik dapat:

  • Menjelaskan urutan pada bilangan lingkaran dan pecahan
  • Mengurutkan bilangan, negative, bilangan positif, bilangan bulat, bilangan pecahan, bilangan orisinil dan bilangan cacah
  • Menentukan suatu pola sebuah bilangan
  • Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan lingkaran dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)
  • Menyebutkan sifat-sifat operasi bilangan lingkaran dan pecahan
  • Menjelaskan aneka macam sifat operasi hitung yang melibatkan bilangan lingkaran dan pecahan
  • Menentukan hasil operasi hitung bilangan lingkaran dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan aneka macam sifat operasi
  • Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan lingkaran dan pecahan
  • Menyatakan suatu bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat lingkaran
  • Menjelaskan representasi bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat lingkaran positif dan negative
  • Menentukan representasi bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat lingkaran positif dan negatif
  • Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat lingkaran positif dan negative

D. Materi Pembelajaran

  • Membandingkan Bilangan Bulat
  • Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat
  • Operasi Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat
  • Membandingkan Bilangan Pecahan
  • Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan
  • Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan
  • Mengenal Bilangan Berpangkat Bulat Positif
  • Kelipatan Persekutuan Terkecil dan Faktor Persekutuan Terbesar

E. Metode Pembelajaran

  1. Pendekatan : Saintifik
  2. Model : Discovery Based Learning
  3. Metode : Demonstrasi

F. Media Pembelajaran

a. Laptop
b. LCD
c. Power Point
d. Internet

G. Sumber Belajar

1. As’ari, Abdur Rahman, dkk..(2016). Matematika Jilid I untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

2. Internet

H. Langkah-Langkah Pembelajaran

1 . Pertemuan Pertama (4 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diperlukan sanggup menjelaskan perihal materi :
Ø Membandingkan bilangan bulat
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 130 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Membandingkan bilangan bulatdengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Membandingkan bilangan bulat.
Ø Pemberian contoh-contoh materi Membandingkan bilangan bulatuntuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Membandingkan bilangan bulat.
v Menulis
Menulis rangkuman dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Membandingkan bilangan bulat.
v Mendengar
Pemberian materi Membandingkan bilangan bulatoleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar aktivitas secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai materi :
Ø Membandingkan bilangan bulat
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, misalnya :
v Mengajukan pertanyaan perihal materi :
Ø Membandingkan bilangan bulat
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pemanis perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk berbagi kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Membandingkan bilangan bulatyang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melaksanakan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca aneka macam rujukan dari aneka macam sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman perihal materi Membandingkan bilangan bulatyang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari aktivitas mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Membandingkan bilangan bulatyang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Membandingkan bilangan bulatyang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bantu-membantu membahas pola dalam buku paket mengenai materi Membandingkan bilangan bulat.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi perihal materi Membandingkan bilangan bulatyang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diriMembandingkan bilangan bulatsesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Membandingkan bilangan bulat
dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk berbagi sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, berbagi kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi perihal data dari Materi :
Ø Membandingkan bilangan bulat
v Mengolahinformasi dari materi Membandingkan bilangan bulatyang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan pertolongan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Membandingkan bilangan bulat.
Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui aktivitas :
v Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk berbagi sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan perihal materi :
Ø Membandingkan bilangan bulat
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bantu-membantu membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi  perihal materi Membandingkan bilangan bulatberupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk berbagi sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal materi :
Ø Membandingkan bilangan bulat
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Membandingkan bilangan bulatdan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi perihal materi Membandingkan bilangan bulatyang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal materi :
Ø Membandingkan bilangan bulat
v Menjawab pertanyaan perihal materi Membandingkan bilangan bulatyang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Membandingkan bilangan bulatyang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Membandingkan bilangan bulatyang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran Membandingkan bilangan bulatberlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi problem tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran perihal materi Membandingkan bilangan bulatyang gres dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Membandingkan bilangan bulatyang gres diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  eksklusif diperiksa untuk materi pelajaran Membandingkan bilangan bulat.
v Peserta didik yang  selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk evaluasi kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Membandingkan bilangan bulat.
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Membandingkan bilangan bulatkepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik.

Itu saja yang bisa admin bagikan terkait dengan rpp matematika kelas 7 revisi 2017. Semoga bermanfaat


Sumber https://www.artikelblogq.com/