Contoh rpp kurikulum 2013 matematika Sekolah Menengah Pertama kelas 7 semester 1 & 2 yang terbaru yaitu sebagai berikut: KI-KD menurut Permendikbud 24/2016, Pemetaan KD menurut Silabus dan Buku Guru Revisi 2017, Format RPP menurut Permendikbud 22/2016, RPP terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS, dan terakhir yaitu Format evaluasi menurut Permendikbud 23/2016. Semoga dipahami
Admin berharap sehabis membaca klarifikasi diatas para guru harus lebih cendekia lagi mencari rpp k13 yang benar-benar revisi dan pastinya sudah dalam format Word.
Untuk info lebih lengkap langung saja simpan master perangkat pembelajaran matematika kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2017 melalui tautan dibawagh ini atau eksklusif kopi paste format rpp nya dibawah
- Cover Perangkat Matematika Kelas 7 Revisi 2017 - Comot File
- KI-KD Matematika SMP/MTs K13 Revisi 2017 (Lamp. 15 Permendikbud 24/2016) - Comot File
- Silabus Matematika Kelas 7 Revisi 2017 - Comot File
- Analisis Kompetensi Dasar Matematika Kelas 7 - Comot File
- Analisis SKL Matematika Kelas 7 - Comot File
- Penetapan IPK Matematika Kelas 7 - Comot File
- Analisis Keterkaitan KI, KD dan Materi Pembelajaran Matematika Kelas 7 - Comot File
- Pemetaan KD dan Teknik Penilaian Matematika Kelas 7 - Comot File
- Penetapan KKM Matematika Kelas 7 - Comot File
- Kalender Pendidikan 2018/2019 - Comot File
- Analisis Alokasi Waktu Matematika Kelas 7 TP 2017/2018 - Comot File
- Program Tahunan Matematika Kelas 7 TP 2017/2018 - Comot File
- Program Semester Matematika Kelas 7 TP 2017/2018 - Comot File
- RPP Matematika Kelas 7 Revisi 2017 terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS - Comot File
- Format-format Penilaian Matematika Kelas 7 - Comot File
- Blanko Penilaian Matematika Kelas 7 (Excel) - Comot File
Format rpp matematika kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2017 semester 1 & 2
Berikut yaitu Contoh singkat format rpp k13 revisi 2017 kelas 7 dibawah ini materi pokok nya yaitu Bilangan Bulat dan Pecahan. biar bermanfaat
Sekolah : SMP...
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII / Ganjil
Materi Pokok : Bilangan Bulat dan Pecahan
Alokasi Waktu : 7 Minggu x5 Jam Pelajaran @40 Menit
A. Kompetensi Inti
• KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan daerah regional.
• KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan insiden tampak mata.
• KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abnormal sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
Kompetensi Dasar | Indikator |
3.1 Menjelaskan dan memilih urutan pada bilangan lingkaran (positif dan negatif) dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen) | 3.1.1. Menjelaskan urutan pada bilangan lingkaran dan pecahan 3.1.2. Mengurutkan bilangan, negative, bilangan positif, bilangan bulat, bilangan pecahan, bilangan orisinil dan bilangan cacah 3.1.3. Menentukan suatu pola sebuah bilangan |
4.1 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan lingkaran dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen) | 4.1.1. Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan lingkaran dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen) |
3.2 Menjelaskan dan melaksanakan operasi hitung bilangan lingkaran dan pecahan dengan memanfaatkan aneka macam sifat operasi | 3.2.1. Menyebutkan sifat-sifat operasi bilangan lingkaran dan pecahan 3.2.2. Menjelaskan aneka macam sifat operasi hitung yang melibatkan bilangan lingkaran dan pecahan 3.2.3. Menentukan hasil operasi hitung bilangan lingkaran dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan aneka macam sifat operasi |
4.2 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan lingkaran dan pecahan | 4.2.1. Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan lingkaran dan pecahan |
3.3 Menjelaskan dan memilih representasi bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat lingkaran positif dan negatif | 3.3.1. Menyatakan suatu bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat 3.3.2. Menjelaskan representasi bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat lingkaran positif dan negative 3.3.3. Menentukan representasi bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat lingkaran positif dan negatif |
4.3 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat lingkaran positif dan negatif | 4.3.1. Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat lingkaran positif dan negatif |
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak klarifikasi guru, akseptor didik dapat:
- Menjelaskan urutan pada bilangan lingkaran dan pecahan
- Mengurutkan bilangan, negative, bilangan positif, bilangan bulat, bilangan pecahan, bilangan orisinil dan bilangan cacah
- Menentukan suatu pola sebuah bilangan
- Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan lingkaran dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)
- Menyebutkan sifat-sifat operasi bilangan lingkaran dan pecahan
- Menjelaskan aneka macam sifat operasi hitung yang melibatkan bilangan lingkaran dan pecahan
- Menentukan hasil operasi hitung bilangan lingkaran dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan aneka macam sifat operasi
- Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan lingkaran dan pecahan
- Menyatakan suatu bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat lingkaran
- Menjelaskan representasi bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat lingkaran positif dan negative
- Menentukan representasi bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat lingkaran positif dan negatif
- Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat lingkaran positif dan negative
D. Materi Pembelajaran
- Membandingkan Bilangan Bulat
- Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat
- Operasi Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat
- Membandingkan Bilangan Pecahan
- Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan
- Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan
- Mengenal Bilangan Berpangkat Bulat Positif
- Kelipatan Persekutuan Terkecil dan Faktor Persekutuan Terbesar
E. Metode Pembelajaran
- Pendekatan : Saintifik
- Model : Discovery Based Learning
- Metode : Demonstrasi
F. Media Pembelajaran
a. Laptopb. LCD
c. Power Point
d. Internet
G. Sumber Belajar
1. As’ari, Abdur Rahman, dkk..(2016). Matematika Jilid I untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Internet
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama (4 x 40 Menit) | ||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | ||||||||||||||
Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali aktivitas pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. v Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diperlukan sanggup menjelaskan perihal materi : Ø Membandingkan bilangan bulat v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | ||||||||||||||
Kegiatan Inti ( 130 Menit ) | ||||||||||||||
| ||||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran Membandingkan bilangan bulatberlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi problem tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | ||||||||||||||
Kegiatan Penutup (15 Menit) | ||||||||||||||
Peserta didik : v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran perihal materi Membandingkan bilangan bulatyang gres dilakukan. v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Membandingkan bilangan bulatyang gres diselesaikan. v Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai eksklusif diperiksa untuk materi pelajaran Membandingkan bilangan bulat. v Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Membandingkan bilangan bulat. v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Membandingkan bilangan bulatkepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik. |
Itu saja yang bisa admin bagikan terkait dengan rpp matematika kelas 7 revisi 2017. Semoga bermanfaat
Sumber https://www.artikelblogq.com/