MASIGNCLEAN101

Selamat Hari Raya Nyepi, Berikut Rangkaian Aktivitas Pelaksanaan Perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Gres Saka 1942

mengucapkan selamat merayakan hari suci Nyepi yang jatuh pada tanggal 25 Maret 2020. Berdasarkan Surat edaran Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) dengan nomor 285/PHDI Pusat/I/2020 ihwal Kegiatan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1942 mengangkat Tema Nasional KEUNGGULAN DAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA MENUJU INDONESIA MAJU.


Selain Tema disampaikan pula aktivitas perayaan hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1942 yang meliputi: Ritual, Seremonial, Sosial dan Intelektual.


Adapun Kegiatan Ritual meliputi rangkaian kegiatan:
  • Melasti/Mekiyis, pelaksanaannya diadaptasi dengan situasi dan kondisi kawasan setempat.
  • Tawur Agung Kesanga Nasional, dilaksanakan di Pelataran Candi Prambanan pada tanggal 24 Maret 2020.
  • Tawur Kesanga di Provinsi, Kabupaen/Kota, Kecamatan, dan Desa, dilaksanakan pada tanggal 24 Maret 2020. Pelaksanaannya diadaptasi dengan situasi dan kondisi kawasan setempat.
  • Nyepi berlangsung pada tanggal 25 Maret 2020 pukul 06.00 hingga tanggal 26 Maret 2020 pukul 06.00 waktu setempat dengan melakukan Catur Brata Penyepian.
  • Ngambak Gni dilaksanakan pada tanggal 26 Maret 2020 pukul 06.00 waktu setempat.


Kegiatan Seremonial berupa Dharmasanti, dilaksanakan selembat-lambatnya satu bulan sehabis Hari Suci Nyepi dan dilaksanakan sesuai dengan situasi dan kondisi setempat


Kegiatan Sosial, yaitu:
  • Donor darah, pelayanan Kesehatan, Pemberian sembako dengan kemampuan, situasi dan kndisi setempat
  • Melaksanakan penghijauan dangan penanaman pohon berkoordinasi dengan dinas Kehutanan dan instansi terkait.
  • Melaksanakan Dharmadana sesuai dengan Bhisama Sabha Pendita Nomor:01/Bhisama/Sabha Pandita Parisada Pusat/X/2002 ihwal Dana Punya.




com mengucapkan selamat merayakan hari suci Nyepi yang jatuh pada tanggal  SELAMAT HARI RAYA NYEPI, BERIKUT RANGKAIAN KEGIATAN PELAKSANAAN PERAYAAN HARI SUCI NYEPI TAHUN BARU SAKA 1942



Kegiatan Intelektual dengan melaksakan Dharmatula/Seminar/Sarasehan sesuai dengan situasi dan kondisi setempat. Rangkaian Perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1942 Mohon disampaikan kepada Parasada Hindu Dharma Indonesia Pusal melalui email: sekretariat@phdi.or.id dan/atau panitianyepi@gmail.com untuk dilaporkan pada ketika program Dharmasanti Nasional pada awal April 2020 di Jakarta


Demikian rangkaian Perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1942 secara lengkap sanggup di download dalam format PDF di  https://phdi.or.id/uploads/285_Kegiatan_Perayaan_Hari_Suci_.pdf sekali lagi mengucapkan selamat Perayaan Hari Raya Nyepi 2020 Tahun Saka 1942 untuk teman dan keluarga umat Hindu Bali yang merayakan!!!
Sumber https://cgtrend.blogspot.com/