MASIGNCLEAN101

Rpp K13 Kelas 2 Tema 5 Revisi 2017 Semester 2 Terbaru (Pengalamanku)

 SD ialah Buku Tematik Terpadu Kurikulum  RPP k13 kelas 2 Tema 5 revisi 2017 Semester 2 Terbaru (Pengalamanku)

Sahabat guru, salah satu sumber berguru kelas 2 (dua) SD ialah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017) untuk guru dan siswa. Walaupun demikian tanpa didukung perangkat mengajar yang elok akan sulit mencapat kompetensi siswa yang diharapkan. Oleh alasannya ialah itu guru harus menciptakan rencana pelaksanaan pembelajaran yang kreatif>

Menjelang memasuki semester genap tahun pelajaran 2017/2018, admin akan menawarkan salah satu tema terbaru RPP kurikulum 2013 kelas II sd yang sudah disusun menurut permendikbud nomor 22 tahun 2016. namun rpp yang admin bagikan ini hanyalah sekeda rujukan saja.

Dibawah ini merupakan salah satu pola langkah-langkah kegiatan pembelajaran berbasis literasi, PPK, hots dan 4C rpp kurtilas kelas 2 tema 5 revisi 2017.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)

Sekolah                        : SDN 24 Rambang Dangku
Kelas /Semester           :  II/2 (dua )
Tema                            :  5. Pengalamanku
Subtema                       :  1. Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran ke-        :  1
Fokus Pembelajaran   :  Bahasa Indonesia dan IPA
Alokasi Waktu            :  6 x 35 menit(6 JP)

A.  KOMPETENSI INTI (KI)
1.    Menerima dan menjalankan anutan agama yang dianutnya.
2.    Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,guru, dan tetangga.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.

B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6
Mencermati ungkapan undangan maaf dan tolong melalui teks perihal budaya santun sebagai citra sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
3.6.1.
Mendengarkan teks percakapan yang berafiliasi dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakatIndonesia dengan baik.
4.6
Menyampaikan ungkapan-ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan.
4.6.1.
Mempraktikkan ungkapan santun memakai kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.

Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6
Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Mengenal satuanbaku untuk mengukur panjang dengan tepat.
4.6
Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.

Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2
Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
3.2.1
Menentukan tekanan berpengaruh dan lemah pada pola irama sederhana berbirama dua dengan benar.


3.2.2
Menentukan panjang dan pendek suara pada pola irama sederhana berbirama dua dengan tepat.
4.2
Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
4.2.1
Memainkan pola irama sederhana.

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan memperhatikan pembacaan teks percakapan, siswa sanggup mendengarkan teks percakapan yang berafiliasi dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakatIndonesia dengan baik.
2.    Dengan maju ke depan kelas, siswa sanggup mempraktikkan ungkapan santun memakai kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.
3.    Dengan mengamati gambar jam dinding, siswa sanggup mengenal satuanbaku untuk mengukur panjang dengan tepat.
4.    Dengan mengamati banyak sekali gambar benda, siswa sanggup menentukan alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.
5.    Dengan diskusi kelompok, siswa sanggup menentukan tekanan berpengaruh dan lemah pada pola irama sederhana berbirama dua dengan benar.
6.    Dengan mengamati gambar, siswa sanggup menentukan panjang dan pendek suara pada pola irama sederhana berbirama dua dengan tepat.
7.    Dengan mengamati teks lagu “Bunda Piara”, siswa sanggup memainkan pola irama sederhana.

D.  MATERI PEMBELAJARAN
1.      Teks Percakapan
2.      Satuan Baku untukmengukurpanjang
3.      Polairamasederhana

E.  METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran  :            Saintifik.
Metode Pembelajaran        : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

F.   MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat          :1. Teks Percakapan.
2. Teks lagu “Pelangi-Pelangi”.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan                  : -
Sumber Belajar    :1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas II, Tema 5: Pengalamanku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
                           
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa. (PPK: Disiplin)
2.      Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. (PPK: Religius)
3.      Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru sanggup menawarkan penguatan perihal sikap syukur. (PPK: Religius)
4.      Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru menawarkan penguatan perihal pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. (PPK: Nasionalis)
5.      Siswa diminta menilik kerapian diri dan kebersihan kelas.
6.      Siswa memperhatikan klarifikasi guru perihal tujuan, manfaat, dan acara pembelajaran yang akan dilakukan.
7.      Siswa menyimak klarifikasi guru perihal pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8.      Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9.      Siswa diajak menyanyikan lagu tempat setempat untuk menyegarkan suasana kembali. (PPK: Nasionalis)

15
menit

Ingin format rpp yang dilengkapi penilaian? silahkan download melalui tautan yang admin sematkan dibawah

  • download rpp kelas 2 kurikulum 2013 revisi 2017 tema 5 subtema 1 Pengalamanku di rumah - COMOT RPP

  • download rpp kelas 2 kurikulum 2013 revisi 2017 tema 5 subtema 2 Pengalamanku di sekolah belum tersedia - COMOT RPP

  • download rpp kelas 2 kurikulum 2013 revisi 2017 tema 5 subtema 3 Pengalamanku di tempat bermain belum tersedia - COMOT RPP

  • download rpp kelas 2 kurikulum 2013 revisi 2017 tema 5 subtema 3 Pengalamanku di tempat umum belum tersedia - COMOT RPP

Untuk rpp k13 kelas 2 tema 6, 7, dan 8 semester 2 Silahkan kunjungi "RPP LENGKAP K13 KELAS 2 SEMESTER GENAP REVISI 2017"


Sumber https://www.artikelblogq.com/