Pendidikan menjadi salah satu komponen penting yang bisa mengukur seberapa berhasilnya sebuah negara. Melalui Pendidikan yang maju dibarengi dengan integrasi dan komunikasi yang baik antar penerima didik dan guru akan terbentuk kelas yang harmonis. Sebagai pengganti orangtua di sekolah, guru, perlu menunjukkan yang terbaik bagi penerima didik. Setiap proses pembelajaran, gurulah yang wajib memberi sesuai dengan tingkat kemampuan siswa dan berdasarkan satuan Pendidikan yang berlaku di Indonesia. Mata pelajaran juga harus dissuaikan berdasarkan jenjangnya biar pemikiran penerima didik sanggup terstruktur berdasarkan porsinya.
Salah satu komponen proses pembelajaran di sekolah yang harus dimiliki guru ialah Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran atau yang biasa disingkat RPP. RPP yaitu komponen penting yang menjadi pegangan guru mapel untuk mengatur proses pembelajaran selama satu semester terhadap penerima didik sesuai jenjangnya. Bagi kelas 10 yang telah menjadi pengawal jenjang di Sekolah Menengan Atas sangat butuh proses pembelajaran yang terkini biar di tahun ketiga sudah siap dengan kebijakan yang mungkin berubah. Kurikulum menjadi hal dasar yang menjadi panduan guru dan pembelajaran di sekolah. Dengan perkembangan Pendidikan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan, kurikulum 2013 sudah bisa diterapkan di semua jenjang.
Berbicara kurikulum 2013, kurikulum ini juga telah melewati masa revisi di tahun 2017. Kurikulum telah disahkan dengan revisi pada tahun 2017 yang bisa diterapkan untuk jenjang kelas 10. Guru mata pelajaran Bahasa Inggris juga harus turut serta mengikuti kurikulum terbaru ini biar mendapat kesinambungan di kelas. Sebelum dimulainya semester 2, guru harus sudah menciptakan RPP untuk satu semester penuh ke depan. Berikut ini pola isi RPP untuk kelas 10 semester 2 yang bisa kau jadikan referensi.
rancangan rpp kurikulum 2013
Pertama mengenai kerjasama atau collaboration artinya penerima didik akan melaksanakan diskusi antar sobat dalam sebuah pengamatan. Dari bahan yang telah disediakan, pesert didik diberi waktu untuk mengeluarkan pendapatnya dan berpikir kritis. Setelah berdiskusi, penerima didik bisa menjelaskan fungsi sosial sekaligus unsur kebahasaan atau grammar dalam sebuah lirik lagu remaja. Hal ini bisa juga sekaligus membantu kemampuan mendengar atau listening penerima didik biar lebih familiar dengan pronounce (pengucapan) bahasa Inggris.
Yang kedua yaiu berpikir kritis atau crititcal thinking artinya penerima didik bisa memverifikasi data hasil pengamatannya. Dengan cara-cara ibarat jujur, disiplin, teliti, kerja keras, taat hukum dalam membentuk pola piker indudktif dan deduktif. Hal ini bisa membantu kemampaun siswa untuk mengembangakan pemikirannya dnegan menerapkan prosedur-prosedurnya.
Untuk lebih jelasnya berikut pola langkah-langkah pembelajaran rpp bahasa inggris semester genap yang disusun berdasarkan permendikbud nomor 22 tahun 2016.
Kegiatan Inti ( 70 Menit ) | ||
Kegiatan Pembelajaran | ||
KEGIATAN LITERASI | ||
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik bahan istilah khusus terkait dengan jenis pemberitahuannya dengan cara : | ||
→ | Melihat (tanpa atau dengan Alat) | |
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan. | ||
→ | Mengamati | |
● | Lembar kerja bahan istilah khusus terkait dengan jenis pemberitahuannya | |
● | Pemberian contoh-contoh bahan istilah khusus terkait dengan jenis pemberitahuannya untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb | |
→ | Membaca. | |
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca bahan dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan istilah khusus terkait dengan jenis pemberitahuannya | ||
→ | Menulis | |
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait istilah khusus terkait dengan jenis pemberitahuannya | ||
→ | Mendengar | |
Pemberian bahan istilah khusus terkait dengan jenis pemberitahuannya oleh guru. | ||
→ | Menyimak | |
Penjelasan pengantar acara secara garis besar/global ihwal bahan pelajaran mengenai bahan : | ||
istilah khusus terkait dengan jenis pemberitahuannya | ||
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. | ||
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Guru menunjukkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya : | ||
→ | Mengajukan pertanyaan ihwal bahan : | |
istilah khusus terkait dengan jenis pemberitahuannya | ||
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pemanis ihwal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. | ||
KEGIATAN LITERASI | ||
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: | ||
→ | Mengamati obyek/kejadian | |
Mengamati dengan seksama bahan istilah khusus terkait dengan jenis pemberitahuannya yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. | ||
→ | Membaca sumber lain selain buku teks | |
Secara disiplin melaksanakan acara literasi dengan mencari dan membaca aneka macam rujukan dari aneka macam sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman ihwal bahan istilah khusus terkait dengan jenis pemberitahuannya yang sedang dipelajari. | ||
→ | Aktivitas | |
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan bahan istilah khusus terkait dengan jenis pemberitahuannya yang sedang dipelajari. | ||
→ | Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber | |
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan bahan istilah khusus terkait dengan jenis pemberitahuannya yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. | ||
AKTIVITAS | KRITERIA | ||
TERBATAS | MEMUASKAN | MAHIR | |
Melakukan Observasi | Tidak terang pelaksanaannya | Beberapa acara terang dan terperinci | Semua acara terang dan terperinci |
Role Play | Membaca script, kosakata terbatas, dan tidak lancar | Lancar dan kosakata dan kalimat berkembang, serta ada transisi | Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai |
Simulasi | Fungsi social tidak tercapai, ungkapan dan unsur kebahasaan tidak tepat | Fungsi social kurang tercapai, ungkapan dan unsure kebahasaan kurang tepat | Fungsi social tercapai, ungkapan dan unsure kebahasaan tepat |
Presentasi | Tidak lancar, topik kurang jelas, dan tidak memakai slide presentasi | Lancar, topik jelas, dan memakai slide presentasi tetapi kurang menarik | Sangat lancar, topic jelas, memakai slide presentasi yang menarik |
Melakukan Monolog | Membaca teks, fungsi social kurang tercapai, ungkapan dan unsur kebahasaan kurang tepat, serta tidak lancar | Kurang lancar, fungsi social tercapai, struktur dan unsure kebahasaan sempurna dan kalimat berkembang, serta ada transisi | Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai, kalimat berkembang, serta ada transisi |
- RPP bahasa Inggris Sekolah Menengan Atas Semester 2 bahan pokok Teks Interaksi Transaksional; Keadaan/Tindakan/ Kegiatan/ Kejadian Di Waktu Lampau yang Merujuk Waktu Terjadinya dan Kesudahannya - COMOT RPP
- RPP bahasa Inggris Sekolah Menengan Atas Semester 2 bahan pokok Teks Interaksi Interpersonal; Ucapan Selamat dan Memuji Bersayap (Extended) - COMOT RPP
- RPP bahasa Inggris Sekolah Menengan Atas Semester 2 bahan pokok Teks Recount; Informasi Terkait Peristiwa Bersejarah - COMOT RPP
- RPP bahasa Inggris Sekolah Menengan Atas Semester 2 bahan pokok Teks Naratif; Informasi Terkait Legenda Rakyat - COMOT RPP
- RPP bahasa Inggris k13 revisi 2017 kelas 10 Semester 2 bahan pokok Fungsi Sosial, Unsur Kebahasaan dan Makna Lirik Lagu - COMOT RPP
Bagi bapak dan ibu guru yang membutuhkan file lengkapnya DAN PASSword RAR file RPP diatas silahkan pribadi kunjungi blog rpp kurikulum 2013 penyedia rpp bahasa inggris Sekolah Menengan Atas lengkap di alamat dibawah
====> DOWNLOAD RPP KURIKULUM 2013 SEMESTER 2 BAHASA INGGRIS KELAS 10 LENGKAPSumber https://www.artikelblogq.com/