Apa kabar guru k13? Sedang sibuk mengisi rapor kelas 8 ? jikalau demikian admin doakan semoga pekerjaannya lancar. Di kesempatan kali ini kembali admin akan menyebarkan perangkat pembelajaran kurikulum 2013 terbaru untuk Sekolah Menengah Pertama yang telah sesuai hukum yang berlaku ketika ini.
Diantara perangkat pembelajaran kelas 8 kurikulum 2013 matematika yang mendukung keberhasilan guru dalam acara berguru mengajar yakni Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Oleh sebab itu pembuatan rpp matematika haruslah kreatif dengan cara menyesuaikan memasukkan ppint point penting yakni literasi, 4C, hots dan PPK.
Untuk lebih jelasnya silahkan download file rpp k13 matematika kelas 8 melalui tautan yang kami sematkan dibawah
- Cover Perangkat Matematika Kelas 8 Revisi 2017 - Comot File
- KI-KD Matematika SMP/MTs K13 Revisi 2017 (Lamp. 15 Permendikbud 24/2016) - Comot File
- Silabus Matematika Kelas 8 Revisi 2017 - Comot File
- Analisis Kompetensi Dasar Matematika Kelas 8 - Comot File
- Analisis SKL Matematika Kelas 8 - Comot File
- Penetapan IPK Matematika Kelas 8 - Comot File
- Analisis Keterkaitan KI, KD dan Materi Pembelajaran Matematika Kelas 8 - Comot File
- Pemetaan KD dan Teknik Penilaian Matematika Kelas 8 - Comot File
- Penetapan KKM Matematika Kelas 8 - Comot File
- Kalender Pendidikan 2018/2019 - Comot File
- Analisis Alokasi Waktu Matematika Kelas 8 TP 2017/2018 - Comot File
- Program Tahunan Matematika Kelas 8 TP 2017/2018 - Comot File
- Program Semester Matematika Kelas 8 TP 2017/2018 - Comot File
- RPP Matematika Kelas 8 Revisi 2017 terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS - Comot File
- Format-format Penilaian Matematika Kelas 8 - Comot File
- Blanko Penilaian Matematika Kelas 8 (Excel) - Comot File
Inilah Contoh RPP Matematika kurikulum 2013 Kelas Revisi 2017
Di bawah ini kami bagikan teladan langkah langkah pembelajaran pada rpp materi pokok bilangan lingkaran kelas 8 semester ganjil dengan alokasi waktu 5 ahad x 5 jam pelajaran dengan tujuan semoga rekan guru tahu perbedaan rpp k13 revisi 2017 dengan revisi 2016. Semoga bermanfaat
1 . Pertemuan Pertama(2 x 40 Menit) |
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali acara pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. v Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik dibutuhkan sanggup menjelaskan perihal materi : Ø Pola Bilangan Ganjil v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
Kegiatan Inti ( 50 Menit ) |
Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Pola Bilangan Ganjildengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan Alat) Menayangkan gambar/foto/video yang relevan. v Mengamati Ø Lembar kerja materi Pola Bilangan Ganjil. Ø Pemberian contoh-contoh materi Pola Bilangan Ganjiluntuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb v Membaca. Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Pola Bilangan Ganjil. v Menulis Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Pola Bilangan Ganjil. v Mendengar Pemberian materi Pola Bilangan Ganjiloleh guru. v Menyimak Penjelasan pengantar acara secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai materi : Ø Pola Bilangan Ganjil untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. | Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Guru memperlihatkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya : v Mengajukan pertanyaan perihal materi : Ø Pola Bilangan Ganjil yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi komplemen perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. | Data collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian Mengamati dengan seksama materi Pola Bilangan Ganjilyang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. v Membaca sumber lain selain buku teks Secara disiplin melaksanakan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali acuan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman perihal materi Pola Bilangan Ganjilyang sedang dipelajari. v Aktivitas Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Pola Bilangan Ganjilyang sedang dipelajari. v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Pola Bilangan Ganjilyang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: v Mendiskusikan Peserta didik dan guru secara bahu-membahu membahas teladan dalam buku paket mengenai materi Pola Bilangan Ganjil. v Mengumpulkan informasi Mencatat semua informasi perihal materi Pola Bilangan Ganjilyang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar. v Mempresentasikan ulang Peserta didik mengkomunikasikan secara mulut atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diriPola Bilangan Ganjilsesuai dengan pemahamannya. v Saling tukar informasi tentang materi : Ø Pola Bilangan Ganjil dengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Data processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : v Berdiskusi perihal data dari Materi : Ø Pola Bilangan Ganjil v Mengolahinformasi dari materi Pola Bilangan Ganjilyang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan pertolongan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pola Bilangan Ganjil. | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : v Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menunjukan perihal materi : Ø Pola Bilangan Ganjil antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bahu-membahu membahas tanggapan soal-soal yang telah dikerjakan oleh penerima didik. | Generalization (menarik kesimpulan) | COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi perihal materi Pola Bilangan Ganjilberupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal materi : Ø Pola Bilangan Ganjil v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Pola Bilangan Ganjildan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. v Bertanya atas presentasi perihal materi Pola Bilangan Ganjilyang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS) v Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal materi : Ø Pola Bilangan Ganjil v Menjawab pertanyaan perihal materi Pola Bilangan Ganjilyang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Pola Bilangan Ganjilyang akan selesai dipelajari v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Pola Bilangan Ganjilyang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. | |
Catatan : Selama pembelajaran Pola Bilangan Ganjilberlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi persoalan tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan |
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
Peserta didik : v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran perihal materi Pola Bilangan Ganjilyang gres dilakukan. v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Pola Bilangan Ganjilyang gres diselesaikan. v Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai pribadi diperiksa untuk materi pelajaran Pola Bilangan Ganjil. v Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Pola Bilangan Ganjil. v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Pola Bilangan Ganjilkepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik. |
Semoga rpp k13 kelas 8 revisi 2017 diatas bermanfaat. Terima kasih
Sumber https://www.artikelblogq.com/