MASIGNCLEAN101

3 Cara Gampang Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan Cepat

3 Cara Praktis Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan Cepat


 Cara Praktis Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan Cepat 3 Cara Praktis Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan Cepat


Bad sector di hardisk ini akan menciptakan kau cemas lantaran bad sector ini akan menciptakan sebagian ruang hardisk rusak. Dan kesudahannya sector tidak akan merespon usul dari pengguna.

Jenis kerusakan bad sector yaitu hardisk rusak lantaran fisik ibarat terjatuh dengan keras dan hardisk rusak lantaran software. Untuk hardisk yang rusak lantaran fisik ini tidak dapat diperbaiki, sementara rusak lantaran software dapat diperbaiki.

Bad sector dapat terjadi pada 2 tipe hardisk yaitu hardisk SSD (Solid State Drives) dan hardisk magnet (hardisk komputer lama). Untuk mengatasinya anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, kemudian mempelajari cara simpel untuk memperbaikinya.

Tipe hardisk bad sector ada 2 yaitu :

• Hard bad sector
• Soft bad sector

Mari kita bahas satu per satu dari tipe hardisk bad sector ini.


1. Hard bad sector (fisik)



Hard bad sector ialah storage yang rusak pada hardisk yang disebabkan oleh benturan fisik dari luar. Contohnya hardisk terjatuh dan komponen di dalamnya ada yang rusak, hardisk terkena bubuk dan merusak sector hardisk, cairan flash memory sudah mengering sehingga menyebabkan bad sector dan hal - hal lainnya.

Baca juga : cara memperbaiki file microsoft word yang corrupt dengan simpel dan cepat

Tipe kerusakan fisik ini dapat dilihat oleh mata secara langsung, apa penyebabnya. Jika hard bad sector ini terjadi maka hardisk sudah tidak dapat diperbaiki lagi.


2. Soft bad sector (software)



Soft bad sector ialah storage hardisk yang kinerjanya terganggu atau error. Soft bad sector ini terjadi lantaran sistem operasi yang membaca data hardisk di sector lain. Hal ini ditandai dengan adanya ECC (Error Correcting Code) yang tidak sesuai dengan konten sehingga menyebabkan sector menunjukkan sesuatu yang keliru.

Sistem operasi akan membacanya sebagai bad sector, tapi untungnya kerusakan ini dapat diperbaiki dengan simpel dan cepat. Anda dapat menggunakan Tools Windows Disk Check untuk memperbaiki soft bad sector ini.


Penyebab hardisk bad sector


Sebelum ke tahap memperbaiki, sebaiknya kalian harus mengenali apa saja penyebab terjadinya hardisk bad sector ini. Oke, ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan hardisk bad sector diantaranya :

• Hardisk overheat / panas
• Listrik tidak stabil
• Komputer terkena malware
• Hardware sudah tua
• Ruangan kotor
• Hardisk terjatuh dan merusak komponen
• Kesalahan dalam shutdown komputer
• Hardisk terkena malware
• Hardisk SSD drop
• Komputer sering dimatikan paksa


Hal yang paling ngeselin pada duduk masalah bad sector ini ialah hardisk failure data yang hilang. Hal ini disebabkan lantaran bad sector yang sudah menjamur di hardisk komputer anda, disarankan untuk membackup data agar file - file penting tetap berada di tangan anda dan tidak akan hilang dikarenakan bad sector tersebut.

Bad sector menjadi duduk masalah terbesar pada komputer, ketika terjadi bad sector maka komputer akan memperingatkan kepada anda dan dapat berkembang cepat di komputer anda kalau tidak segera diperbaiki. Bad sector ini menyebabkan acara membaca dan menulis di hardisk menjadi terlewati atau diabaikan.

Pada beberapa bad sector kecil tidak akan menciptakan hardisk komputer menjadi failure, tapi efeknya dapat menciptakan hardisk mu menjadi tambah parah. 


Cara memperbaiki hardisk bad sector


Windows mempunyai fitur Disk Check tools yang berfungsi untuk melaksanakan investigasi di hardisk komputer apakah hardisk sedang terkena bad sector. Tools ini dapat anda jalankan secara manual atau otomatis, tapi windows akan menjalankan Disk Check ketika hardisk terjadi duduk masalah termasuk bad sector. Simak baik - baik, cara Memperbaiki hardisk bad sector :

• Pertama, buka aplikasi Windows Explorer > klik kanan pada drive yang ingin di scan > pilih properties. Kemudian pindah ke tab tools > klik Check Now di pecahan error - checking. Setelah itu akan muncul jadwal dengan opsi yang harus dipilih > beri ceklis kedua opsi tersebut untuk memindai sekaligus memperbaiki bad sector pada hardisk.

Baca juga : gampang banget ! Cara merubah tampilan dekstop windows 7 menjadi keren dan HD

Tapi, kalau drive yang ingin diperbaiki sedang dipakai maka proses tidak dapat dilakukan. Windows akan menjadwalkan pengecekan secara otomatis ketika anda merestart komputer. Proses dari pengecekan ini cukup lama, membutuhkan waktu hingga berjam - jam. Anda harus melaksanakan pemindaian pada ketika komputer tidak digunakan.

Jika anda ingin menciptakan jadwal pengecekan maka windows mulai melakukannya ketika anda merestart komputer. Jika ingin membatalkan penjadwalan, anda dapat melaksanakan cara di bawah ini.

Pertama silahkan anda buka Commond Promt pada eksekutif mode dengan cara klik kanan dan pilih run as di administator. Kemudian ketik chkntfs /x c: (ganti abjad "c"  dengan abjad hardisk yang dijadwalkan). Lalu tekan enter untuk membatalkan penjadwalan pemindaian hardisk.

Selain cara di atas, ada cara yang lebih simpel dan cepat untuk memperbaiki hardisk bad sector ini yaitu dengan menggunakan aplikasi EaseUS Partition Master. Aplikasi ini berfungsi untuk  memeriksa bad sector secara pribadi pada hardisk windows 7, 8 dan 10.

Cara menggunakannya : klik kanan pada disk yang ingin dipindai > kemudian pilih Surface Test > aplikasi akan menampilkan hasil dari pindaian berupa bad sector yang berwarna merah. Setelah itu, anda dapat melihat beberapa sector jelek pada perangkat komputer anda yang harus segera diperbaiki.


Cara memperbaiki hardisk bad sector menggunakan HDD Regenerator


 Cara Praktis Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan Cepat 3 Cara Praktis Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan Cepat


HDD Regenerator (HDDR) merupakan software komputer yang berfungsi untuk memperbaiki hardisk bad sector pada HDD. Aplikasi ini melaksanakan pemulihan atau perbaikan pada sector yang bermasalah agar dapat berfungsi ibarat sedia kala. Selain itu, HDDR dapat dipakai untuk semua brand hardisk komputer.

Cara menggunakan HDD Regenerator :

Install software HDD Regenerator di komputer anda > anda dapat download aplikasinya melalui link di bawah ini.

DOWNLOAD

Setelah di install, buka aplikasi Regenerator nya > anda akan menemukan tab sajian ibarat regeneration, help, full version dan goresan pena click here to repair bad sector.

Setelah itu akan muncul 2 sajian :

•  Bootable USB Flash (melakukan pemulihan bad sector melalui kabel USB).
•  Bootable CD / DVD (melakukan pemulihan bad sector melalui DVD / CD).

Anda dapat pilih tab sajian regeneration untuk melaksanakan pemulihan bad sector secara pribadi dengan kondisi windows aktif. Kemudian pilih Start Process Under Windows > pilih drive yang akan di scan > pilih start process.

Maka akan muncul ibarat CMD untuk memberitahukan kerja dari HDD Regenerator dan proses perbaikan hardisk bad sector. Setelah itu akan muncul goresan pena ibarat scan but do not repair, scan and repair, show statistic, regenerate all sector in a range.

Anda pilih scan and repair untuk melaksanakan perbaikan dan isi nominal MB : contohnya isikan 10 > pilih M > proses sedang berjalan dan tunggu hingga proses selesai, biasanya memakan waktu yang lama.

Cara ini tidak menjamin bad sector dapat diatasi dengan sempurna, tapi apa salahnya mencoba. Jika hardisk sudah diperbaiki tapi tidak kembali normal, anda dapat mencobanya lagi hingga beberapa kali. Jika tetap tidak bisa, bawa komputer ke daerah reparasi.


Cara memperbaiki hardisk bad sector dengan Spinrite



Software ini kerjanya sama ibarat HDD Regenerator, tapi Spinrite ini bekerja dengan booting. Dengan aplikasi ini, anda tidak perlu menggunakan dua hardisk dalam satu komputer. Anda hanya perlu flashdisk atau CD / DVD untuk bootable file ISO kemudian diburningkan.


Cara mencegah hardisk bad sector



Saya sudah menjelaskan bagaimana cara menggunakan fitur Disk Check tools untuk mengecek hardisk apakah terkena bad sector atau tidak. Cara mencegah bad sector ini harus anda lakukan agar tidak terjadi insiden bad sector untuk yang kesekian kalinya. Diantaranya :

• komputer harus mempunyai sistem pendingin
• ruangan sekitar komputer harus bersih
• hindari komputer dari ruangan yang panas
• install antivirus di komputer anda dan scan secara rutin
• Gunakan UPS agar mencegah komputer mati mendadak
• tata semua kabel hardware agar tidak berantakan
• matikan komputer kalau ingin memindahkannya ke daerah lain

Untuk mengantisipasi terjadinya bad sector ini cukup mudah, anda hanya perlu membackup semua data - data penting dan kalau ada data yang hilang, silahkan scan hardisk anda dengan Disk Check tools yang sudah saya berikan caranya di atas.


Sumber https://magersena.blogspot.com/