MASIGNCLEAN101

Cara Gampang Mengatasi Mata Belekan Dengan Obat Dan Materi Alami

Cara Praktis Mengatasi Mata Belekan Dengan Obat dan Bahan Alami


Cara Praktis Mengatasi Mata Belekan Dengan Obat dan Bahan Alami Cara Praktis Mengatasi Mata Belekan Dengan Obat dan Bahan Alami


Magersena.blogspot.com - Mata belekan yang selalu kita lihat pada ketika bangkit tidur yaitu hal yang normal lantaran mata belekan tersebut yaitu menunjukan adanya infeksi. Infeksi ini akan terjadi bila dibarengi dengan tanda-tanda lain ibarat penglihatan kabur, fotofobia, gatal, perih dan mata merah.

Kesehatan mata yang baik  tergantung dari kualitas komponen penting yaitu air mata. Air mata ini terdiri dari lendir encer dari konjungtiva, air dan meibum. Zat meibum mengeluakan zat berminyak yang bermanfaat untuk menjaga mata biar tetap lembab dan membilas kotoran masuk setiap kedipan.

Lapisan tipis ini berfungsi untuk membuang kotoran dan sisa rheum sebelum lendir mengeras di dalam mata. Anda juga pernah menyentuh belahan pojok mata untuk mengeluarkan kotoran yang menyangkut di mata.

Obat mata belekan sanggup dipakai untuk mengatasi penyakit yang menjadikan mata anda belekan dan mengatasi problem ketika mata belekan, ibarat keluar cairan dari mata, gatal, perih dan mata merah. Pemilihan obat mata belekan perlu diubahsuaikan terhadap penyebabnya.


Penyebab mata belekan


Belek merupakan kumpulan minyak dan cairan ibarat lendir pada kedua mata. Belek ini muncul ketika kita tidur dan kita menghilangkannya ketika bangun, jumlah belek ini normalnya sedikit.

Tapi, belek tersebut akan muncul terus menerus ketika mata terkena penyakit tertentu ibarat infeksi maka belekan akan berwarna kuning, putih atau hijau. Berikut ada beberapa penyakit yang sanggup menjadikan mata anda terkena belekan, diantaranya :


1. Blepharitis


Blepharitis merupakan peradangan kelopak mata yang menjadikan kemerahan dan pembengkakan. Selain itu, blepharitis juga sanggup menjadikan penumpukan belek sehingga kelopak mata menjadi lengket dan penglihatan buram. Peradangan ini terjadi disebabkan oleh produksi minyak dari kelenjar meibomian di belahan dalam kelopak mata.


2. Konjungtivitis


Konjungtivitis ini terjadi pada belahan konjungtiva berupa peradangan. Konjungtiva yaitu selaput transparan yang terdapat pada sklera (bagian putih mata) dan kelopak mata belahan dalam.

Baca juga : inilah cara mengatasi gondongan dengan materi alami yang ampuh

Penderita penyakit konjungtivitis ini mengeluhkan belekan pada mata yang selalu disertai mata yang gatal, berwarna merah dan rasa mengganjal yang tidak nyaman. Hal ini sanggup disebabkan oleh infeksi kuman atau paparan alergen.


3. Sering memakai obat tetes mata


Beberapa obat tertentu dihentikan dipakai secara terus menerus lantaran sanggup memperparah penyakit belekan. Pada umumnya, obat tetes mata bermanfaat untuk mengatasi mata merah dan juga belekan. Jika anda ingin memakai obat tetes mata secara terus menerus maka pilih yang mengandung air mata buatan saja.


4. Keratitis


Keratitis merupakan peradangan  kornea mata yang biasanya disebabkan stress berat atau infeksi pada mata. Hal ini disebabkan oleh penggunaan lensa kontak yang sudah terkena kotoran, penempatan yang salah dan lensa kontak yang terkena gesekan sesuatu. Penderita penyakit keratitis sering mengeluhkan mata yang perih, merah, terasa silau dan penglihatan yang sering terganggu.


5. Sering menggaruk - garuk mata


Jika anda sering menggaruk atau menyentuh mata yang sedang belekan maka hal itu sanggup memperparah penyakit belekan itu sendiri. Penyebab mata belekan yaitu terdapat infeksi pada belahan mata, bila anda sering menyentuh mata maka kuman akan berpindah ke mata lainnya. Selain itu, menyentuh dan menggosok mata yang sedang belekan pun sanggup memperparah infeksi mata tersebut.

Cara membersihkan mata dari belek dengan benar yaitu memakai air panas dan kain. Celupkan kain ke air panas kemudian tempelkan pada belahan mata yang belekan sambil digosok dengan lembut. Jangan lupa untuk mencuci kain yang dipakai supaya infeksi tidak menyebar.


6. Alergi


Mata belekan sanggup disebabkan oleh alergi, untuk mengetahuinya  anda perlu melaksanakan tes alergi. Tapi biasanya alergi ini disebabkan oleh debu dan zat - zat tertentu. Contohnya anda memiliki alergi terhadap debu maka ketika terkena debu, hidung akan mengeluarkan lendir, menciptakan mata gatal dan mengeluarkan belek terus menerus.


7. Mata kering


Keluhan yang sanggup menjadi menunjukan kondisi mata kering ini yaitu munculnya belekan ibarat selaput lendir pada sisi mata dibarengi dengan mata gatal, berwarna merah dan terasa sakit.

Kondisi ini akan terjadi ketika produksi air mata menurun. Beberapa faktor yang sanggup memicu mata kering ibarat berlama - usang di ruangan ber - AC, pemakaian lensa kontak yang keliru dan proses penuaan.


8. Infeksi sinus


Gangguan infeksi sinus ini sanggup menjadikan kedua mata anda belekan. Ciri infeksi sinus yaitu warna belekan yang berwarna kuning dan lengket, kedua mata akan merah dan membengkak.


Cara mengatasi mata belekan dengan obat


Obat sakit mata untuk mengatasi  mata belekan ini akan diubahsuaikan dengan penyebab yang dialaminya. Berikut ada beberapa obat yang sanggup anda konsumsi untuk mengatasi problem belekan :


1. Cyclosporine


Obat ini termasuk obat keras yang harus dikonsumsi dengan resep dari dokter. Jadi, anda tidak sanggup membeli obat cyclosporine secara bebas.

Baca juga : hanya 30 menit !!! Inilah cara mengatasi muka merah dengan cepat

Pada umumnya, obat cyclosporine merupakan obat untuk mengobati mata kering yang berfungsi memperbanyak jumlah air mata yang dihasilkan kedua mata. Jumlah air mata yang banyak akan mengurangi keluhan mata kering, termasuk belekan.


2. Chloramphenicol


Chloramphenicol tersedia dalam bentuk salep mata atau obat tetes, untuk penggunaannya harus di bawah pengawasan dokter supaya proses perawatan berjalan dengan baik. Chloramphenicol termasuk golongan obat antibiotik yang sering dipakai untuk mengobati mata belekan yang disebabkan oleh keratitis akhir infeksi basil atau konjungtivitis.


3. Asam fusidat


Asam fusidat juga termasuk golongan obat antibiotik yang biasanya diresepkan untuk mengatasi mata belekan yang disebabkan konjungtivitis dan keratitis akhir infeksi. Anda harus berkonsultasi ke dokter mata untuk cara pengonsumsian yang benar dan mendapat dosisnya. Obat ini kondusif dikonsumsi untuk ibu hamil, ibu menyusui, orang bau tanah dan anak - anak.


Cara mengatasi mata belekan dengan materi alami


Ada beberapa materi - materi alami yang sanggup anda gunakan untuk mengatasi mata belekan. Selain itu, materi alami ini juga sanggup mengobati mata merah, iritasi, mata lelah dan lainnya.


1. Air mawar


Cara mengobati mata belekan juga sanggup dilakukan dengan air mawar. Jika anda menanamnya maka sanggup dimanfaatkan sebagai obat ampuh untuk menyembuhkan sakit mata dan belekan. Cara ini sangat gampang bila bunga mawar masih tersedia di pekarangan rumah anda.

Cara memakai air mawar, masukan bunga mawar ke dalam air. Kemudian bersihkan mata anda dengan air mawar tersebut, cara ini sanggup anda lakukan sebanyak 3 kali sehari ketika waktu luang.


2. Madu


Hasil lebah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Termasuk mengatasi mata lelah lantaran iritasi dan belekan serta menghilangkan belekan dengan cepat. Cara memakai madu murni ini yaitu mengoleskan madu murni pada area sekitar kelopak mata. Setelah itu, diamkan beberapa menit hingga  madu kering kemudian bilas dengan air bersih.


3. Susu murni


Susu murni ternyata bermanfaat untuk mengatasi belekan yang disebabkan oleh iritasi dan alergi. Susu murni yang menyehatkan untuk tubuh ini sanggup anda teteskan ke satu buah kapas, kemudian kompreskan kapas ke mata yang terkena belekan.

Cara ini juga sanggup mengurangi tanda-tanda sakit mata. Anda tunggu beberapa menit ketika mengompres kapas ke mata. Jika mata sudah mulai normal maka hentikan pemakaiannya.


4. Daun sirih


Daun sirih mengandung sifat antikuman sekaligus berfungsi sebagai pereda lelah alami untuk mata merah yang disebabkan infeksi. Mengobati mata belekan dengan daun sirih akan mengurangi jumlah basil pada mata dan mengurangi belekan pada ujung mata.

Cara memakai daun sirih yaitu menyediakan beberapa lembar daun sirih kemudian cuci higienis dan rebus daun sirih. Air rebusan daun sirih tersebut sanggup disaring dengan kain kasa untuk menjernihkan air.

Air rebusan daun sirih yang jernih sanggup anda gunakan untuk membasuh area mata. Anda sanggup meneteskannya pada mata sebanyak 1 tetes saja, cara ini lebih perih dan mereda sesudah beberapa menit.


5. Kentang


Kentang selain diolah untuk masakan, ternyata memiliki manfaat untuk mengobati mata belekan dengan ampuh. Cara menggunakannya sediakan kentang berukuran sedang 1 buah saja. Setelah itu cuci dan kupas kentangnya dan blender hingga menjadi halus.

Anda sanggup memakai kentang yang dihaluskan tadi untuk mengompres mata anda yang belekan. Mengompres mata dengan kentang ini sanggup mengatasi infeksi mata dan sakit di area mata.

Anda perlu memeriksakan diri ke dokter bila mengalami mata belekan untuk mendapat obat mata yang cocok sekaligus mengatahui penyebab dari mata belekan tersebut. Dokter akan memberitahu cara menggunakannya dan takaran yang harus dikonsumsi.

Selain pinjaman obat - obatan, anda juga harus merawat mata dengan benar untuk mencegah terjadinya belekan pada mata. Cara merawatnya yaitu menyingkirkan belek yang menumpuk di mata memakai kain higienis kemudian mengompres mata dengan kompres cuek atau hangat.

Baca juga : 6 cara menciptakan lesung pipi dengan teknik paling mudah

Mengompres mata dengan air hangat atau cuek bermanfaat untuk mengencerkan belek dan mengurangi abses pada mata. Mengompres mata yaitu cara umum untuk mengatasi semua jenis problem belekan, tapi cara ini hanya menghilangkan tanda-tanda saja tidak termasuk penyebabnya.

Sumber https://magersena.blogspot.com/