MASIGNCLEAN101

10 Cara Gampang Sinkronisasi Gmail Dengan Cepat Di Android

10 Cara Praktis Sinkronisasi Gmail Dengan Cepat di Android



 Cara Praktis Sinkronisasi Gmail Dengan Cepat di Android 10 Cara Praktis Sinkronisasi Gmail Dengan Cepat di Android


Mengirim pesan melalui email masih dilakukan oleh sebagian masyarakat indonesia. Google mail atau Gmail merupakan layanan terkenal yang paling banyak dipakai di Indonesia.

Gmail memiliki penyimpanan dengan kapasitas yang besar sehingga banyak diminati para pengguna email. Gmail lebih terkenal dibandingkan dengan yahoo atau hotmail.

Gmail sanggup diakses di PC maupun smartphone. Gmail terus meningkatkan kualitasnya demi menjaga popularitas di kalangan layanan email lainnya.

Gmail paling gampang diakses di android lantaran sanggup menciptakan dan membuka pesan dengan gampang tanpa adanya halangan menyerupai di PC.

Tapi beberapa duduk masalah kerap dialami pengguna Gmail menyerupai sinkronisasi yang bermasalah hingga gmail yang datang - datang log out sendiri sehingga anda harus log in ulang.

Jika sinkronisasi gmail anda bermasalah maka gmail akan mengalami beberapa duduk masalah seperti:


A. Aplikasi gmail tidak sanggup di buka 



Terkadang ketika sinkronisasi gmail tidak terhubung, aplikasi gmail susah untuk di buka. Biasanya berhenti di sajian utama dan pesan gmail tidak muncul.


B. Tidak sanggup mengirim email



Saat sinkronisasi gmail tidak terhubung maka anda tidak mengirim email ke orang lain hingga sinkronisasi benar - benar terhubung.


C. Tidak sanggup membaca email



Pasti anda pernah ketika anda ingin membaca email tapi susah atau usang untuk di buka. Masalah ini juga terdapat pada sinkronisasi gmail yang tidak terhubung.


D. Tidak sanggup mendapatkan email



Saat anda cek inbox gmail di hp tidak ada apa - apa. Tapi ketika anda membuka email di PC terdapat aneka macam email baru. Hal itu membuktikan bahwa sinkronisasi gmail di android bermasalah.


E. Muncul peringatan di notifikasi



Masalah ini yang sering dialami para pengguna gmail. Android anda mungkin pernah muncul notifikasi "akun tidak disinkronkan" atau "sinkronisasi akun bermasalah".

Baca juga : 5 cara menghemat kuota ketika nonton youtube

Hal ini terjadi lantaran anda sebelumnya mengganti kata sandi melalui browser atau PC sehingga ketika ingin diakses di android terjadi error ketika sinkronisasi.  Lalu, bagaimanacara mengatasi sinkronisasi yang bermasalah pada android. Mari kita bahas.

Gmail berperan penting dalam kelangsungan hidup kita. Saat kita berbisnis, menciptakan facebook, instagram atau hal lainnya anda perlu memakai email. Masalah yang sering dialami pengguna Gmail ialah duduk masalah sinkronisasi yang terhenti ketika ingin digunakan. Sinkronisasi berperan dalam penerimaan pesan email atau mengirim pesan email.

Lalu, apa yang mengakibatkan sinkronisasi gmail menjadi bermasalah ? Sinkronisasi gmail bermasalah disebabkan oleh aplikasi gmail yang belum di update, penyimpanan internal penuh, koneksi internet yang bermasalah dan lain - lain.


Cara sinkronisasi gmail dengan cepat di android



1. Aktifkan sinkronisasi di pengaturan android


Untuk proses sinkronisasi gmail berjalan lancar. Anda juga harus mengaktifkan sinkron di pecahan pengaturan android. 

Caranya buka pengaturan android kemudian masuk ke akun dan pilih google kemudian pilih email yang ingin di sinkronkan. Pilih tombol titik tiga di pojok kiri atas dan pilih sinkronkan sekarang.


2. Aktifkan sinkronisasi di aplikasi gmail



Jika ingin mendapatkan email gres dari luar aplikasi maka anda harus mengaktifkan sinkronisasi di aplikasi gmail. Caranya buka aplikasi gmail pilih sajian titik tiga di pojok kiri atas sesudah itu pilih setelan kemudian pilih email yang ingin disinkronkan, pilih dan refresh akun. Kemudian cari synch gmail di pecahan data usage, centang pada kolom synch gmail.


3. Restart android anda



Mungkin ini ialah cara pertama yang sanggup anda lakukan untuk memperbaiki sinkronisasi gmail. Tidak salah jikalau anda restart android, sanggup jadi sinkron error lantaran sistem android yang tidak menanggapi.


4. Matikan dan nyalakan data seluler



Jika data seluler anda mati sudah terperinci tidak sanggup mengakses gmail. Untuk mengakses anda harus online terlebih dahulu. Jika data seluler sudah dinyalakan tapi tidak sanggup refresh, anda sanggup matikan tunggu beberapa ketika kemudian nyalakan kembali data seluler. Atau anda sanggup nyalakan mode pesawat kemudian matikan dan nyalakan data seluler kemudian masuk ke gmail.


5. Bersihkan penyimpanan internal android


Kita semua tahu bahwa penyimpanan android yang penuh mengakibatkan beberapa duduk masalah pada android termasuk juga sinkronisasi gmail. Sinkronisasi gmail akan terputus ketika penyimpanan android hampir penuh, anda hanya perlu membersihkan sebagian file yang memenuhi penyimpanan. Bersihkan file hingga notifikasi penyimpanan hampir penuh hilang kemudian masuk ke aplikasi gmail dan coba refresh. 

Baca juga : cara mengembalikan file android yang terhapus


6. Update aplikasi gmail



Gmail yang gagal sinkron disebabkan aplikasi gmail yang sudah usang tidak di update. Anda harus update aplikasi gmail semoga sanggup diakses kembali. Cara update aplikasi gmail: Buka playstore > cari gmail di kolom pencarian > update aplikasi. Setelah di upate maka gmail akan mengirimkan pesan email pada anda yang tertahan ketika sinkron error.


7. Paksa berhenti dan hapus cache aplikasi gmail



Cache merupakan file dalam aplikasi yang sering menguras penyimpanan android. Dan file juga sanggup menciptakan aplikasi bermasalah termasuk gmail. Cara menghapus cache yaitu masuk ke pengaturan > aplikasi > cari gmail > hapus cache. Memberhentikan aplikasi gmail terkadang sanggup untuk memulihkan sinkronisasi gmail. Caranya masuk ke pengaturan > aplikasi > cari gmail > paksa berhenti. Setelah itu, coba masuk ke aplikasi gmail dan coba refresh. 


8. Log out dan log in gmail



Cara ini ampuh untuk mengatasi sinkronisasi yang bermasalah anda cukup log out dari gmail kemudian log in kembali ke gmail anda. Pertama masuk ke aplikasi gmail > tekan tiga garis vertikal di pojok kiri atas > tekan foto gmail > pilih kelola akun > pilih google > pilih akun yang ingin di log out >  tekan tiga titik horizontal di pojok kanan atas > pilih hapus akun. Kemudian cara log in kembali. Masuk ke pengaturan > akun > tambahkan akun > google > pilih akun yang sudah ada > kemudian masuk.


9. Hapus data gmail



Cara ini sanggup anda lakukan ketika gmail berhenti di sajian utama sehingga tidak sanggup membuka email atau aplikasi gmail berhenti sendiri. Caranya masuk ke pengaturan > aplikasi > cari aplikasi gmail > hapus data. Setelah itu coba buka kembali aplikasi gmail dan aplikasi akan berjalan normal lantaran memuat data - data baru.


10. Perbaiki kesalahan akun



Masalah ini ditandai dengan munculnya notifkasi "akun tidak disinkronkan" sehingga menciptakan gmail tidak sanggup beroperasi.

Hal ini disebabkan lantaran anda mengganti password di PC kemudian anda memakai gmail di android sehingga anda terpaksa harus log out dan log in gmail menyerupai cara no.8 di atas. 


Kesimpulan



Masalah pada aplikasi gmail atau sinkronisasi kebanyakan sanggup di atasi dengan satu cara. Tapi tergantung dengan tingkat duduk masalah yang harus di atasi.

Saya sendiri juga pernah mengalami gmail stuck pada sajian utama ketika saya ingin melihat arahan ganti facebook. Lalu saya restart android saya dan gmail pun kembali normal.

Demikian beberapa cara untuk mengatasi sinkronisasi gmail yang bermasalah. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat untuk anda dan juga keluarga.    

Sumber https://magersena.blogspot.com/