MASIGNCLEAN101

10 Cara Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget Berlebihan

10 Cara Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget Berlebihan

 Cara Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget Berlebihan 10 Cara Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget Berlebihan


Setiap tahun gadget model gres niscaya bermunculan, dengan desain menawan dan keunggulannya masing - masing. Gadget tidak dapat lepas dari kehidupan kita, termasuk juga di kalangan anak - anak.

Pada jaman now ini, kebanyakan anak - anak indonesia sudah terpelajar dalam mengoperasikan gadget. Gadget pada anak biasanya dipakai untuk memutar musik, nonton video dan bermain game.

Semua orang renta juga tahu, kalau gadget memiliki banyak kerugian dari pada keuntungannya. Gadget membuat anak malas belajar, jarang bergerak, asik sendiri, tidak mau main di luar dan lainnya.

Terkadang orang renta bingung, cara apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki anak yang sudah kecanduan gadget. Tenang saja, disini akan membahas cara mengatasi anak kecanduan gadget berlebihan.

1. Berikan imbas aktual bermain gadget

Pantau anak anda ketika bermain gadget, pastikan anda mengetahui hal apa yang anak anda lakukan dalam gadgetnya. Berikan saran pada anak untuk melaksanakan hal aktual dalam gadget.

Jadikanlah gadget sebagai media berguru anak, hindari anak bermain game di gadget terlalu lama. Jangan lupa untuk atur waktu alasannya yaitu terlalu usang bermain gadget tentu berdampak jelek bagi kesehatan.

Baca juga : 9 cara mengatasi reputasi jelek di kehidupan sosial

2. Ajak anak bersosialisasi

Anak yang jarang keluar rumah sudah niscaya menghabiskan waktunya dengan bermakn gadget atau menonton tv, padahal jarang bergeraka akan berdampak jelek untuk anak.

Maka kenalkan anak anda dengan lingkungan bermain di sekitar rumah anda, bawa anak keluar di waktu pagi, tidur di siang hari, bermain di sore hari dan istirahat di waktu malam.

Dengan metode tersebut maka anak akan perlahan meninggalkan acara bermain gadget.

3. Ajak anak anda berdiskusi

Beritahu anak anda bahwa gadget itu berbahaya, bermain gadget terlalu usang akan membuat mata jadi sakit dan lain - lain yang membuat anak berpikir dua kali ketika ingin memainkan gadgetnya.

Berikan klarifikasi pada anak perihal manfaat belajar, olahraga, membaca, mengitung dan lainnya. Ajak anak untuk mulai melakukannya maka seiring waktu, anak akan meninggalkan gadget dan terbiasa melaksanakan acara barunya.

4. Membawa anak jalan - jalan

Bawalah anak liburan ke pantai, jalan - jalan ke luar kota atau ke kawasan bermain. Cara ini akan membuat anak melupakan gadget dan enjoy dengan kawasan bermainnya.

Kalau anda tidak mau mengeluarkan biaya, dapat juga berkeliling komplek kawasan anda dengan mengenalkan kawasan bermain yang kondusif di kawasan anda.

5. Berikan batasan kanal internet

Jika anak anda sudah ahli dalam memakai internet. Maka hati - hati, mungkin akan berdampak jelek pada anak. Berikan batasan kanal internet untuk anak, supaya tidak terus menerus asik dengan gadgetnya sendiri.

6. Membawa anak mengikuti kegiatan

Jika anda tidak ingin pusing dalam mengajak dan mendidik anak. Maka cara nya yaitu dengan membuat anak sibuk sendiri.

Kenalkan anak dengan sesuatu yang menarik dan bermanfaat untuk dirinya. Contoh: kenalkan anak pada alat musik dan anak akan bermain dengan alat musik sekaligus melatih dirinya.

Ajak anak membuat kue, buat anak meringankan acara dengan menyuruh mereka melaksanakan sesuatu dan meninggalkan gadget yang ia mainkan.

7. Berikan waktu luang untuk bermain dengan anak

Sisihkanlah waktu kesibukan anda untuk bermain bersama anak. Anak membutuhkan perhatian dari orang renta nya biar membentuk perilaku yang baik.

Orang renta yang bermain dengan anak akan lebih efektif, anak lebih menentukan menghabiskan waktu dengan orang lain dibandingkan bermain gadget sambil tiduran.

Lakukan secara rutin dan jikalau anak tidak mau di ajak main, buatlah ia termakan dengan mainan gres yang anda beli atau hal lain yang membuat anak menaruh gadgetnya.

Baca juga : 4 cara gampang mempertajam daya ingat

8. Bawa anak keluar rumah

Anak yang seharian mengurung diri di rumah akan terasa bosan dan menghilangkan rasa bosan tersebut dengan bermain gadget seharian di rumah.

Bawalah anak keluar rumah, kenalkan pada anak betapa menyenangkannya bermain di luar rumah daripada bermain gadget seharian.

Ajaklah anak bermain dengan anak tetangga di waktu pagi atau sore maka secara tidak eksklusif anak akan meninggalkan keseruannya main gadget.

Anak akan menentukan bermain dengan temannya dibandingkan mengurung diri di dalam rumah.

9. Batasi waktu pemakaian gadget untuk anak

Berikan batasan waktu untuk anak jikalau ingin memakai gadget. Atur waktu anak antara berguru dan bermain, tapi banyaklah memberi waktu berguru yang menyenangkan daripada main gadget yang membuat anak malas bergerak.

Pada ketika anda membuat cara berguru yang efektif dan menyenangkan untuk anak, maka seiring waktu anak akan meninggalkan gadgetnya dan ia menentukan melaksanakan hal yang menyenangkan untuk menghibur dirinya.

10. Berikan mainan lain untuk anak

Anak - anak yang kecanduan gadget yaitu anak yang tidak punya mainan lain sebagai alternatif bermain untuk dirinya. Kadang orang renta juga yang mengenalkan gadget pada anak untuk menghibur anak supaya tidak ngeyel.

Maka solusinya yaitu hilangkan gadget dari tangan anak dan alihkan perhatiannya pada mainan lain yang lebih menyenangkan.

Ajak anak lain untuk bermain dengannya supaya tidak jenuh bermain sendiri. Kolaborasi antar anak akan melatih dirinya menjadi terbiasa dan seiring waktu akan meninggalkan gadget.

Demikian klarifikasi artikel semoga dapat menambah wawasan anda dalam mendidik anak yang baik dan benar. Jangan lupa baca artikel lainnya di blog untuk menambah pengetahuan dan wawasan anda. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan di kolom komentar artikel ini.  

Sumber https://magersena.blogspot.com/