MASIGNCLEAN101

6 Cara Menanam Dan Merawat Bunga Desember Dengan Gampang Dan Cepat Berbunga

6 Cara Menanam dan Merawat Bunga Desember dengan Praktis dan Cepat Berbunga



Menanam bunga desember tentu sanggup menambah suasana halaman rumah anda, sesuai dengan namanya bunga desember cocok untuk dinikmati di bulan desember.

Bunga ini berbunga setiap bulan november -desember, oleh alasannya itu kenapa bunga tersebut dinamakan bunga desember. Bunga berbentuk bundar dengan warna merah disertai dengan warna daun hijau yang cerah menjadi ciri khas kecantikan bunga desember ini.

Bunga desember ialah bunga yang berasal dari afrika selatan, bunga ini sering disebut African Blood Lily oleh masyarakat afrika selatan. Bunga desember memiliki nama latin Hemanthus multiflorus, bunga ini masuk ke dalam bakungan Amarillydaceae.

Bunga desember ini memiliki akar yang sanggup menghasilkan umbi yang nantinya akan dipakai untuk memperbanyak bunga.

Cara menanam bunga desember sanggup dibilang praktis gampang susah, apalagi jikalau iklim dan cuaca yang tidak sanggup diprediksi akan mengganggu pertumbuhan bunga desember. Tapi anda jangan ragu untuk menanam bunga desember di rumah lantaran saya akan memperlihatkan tips untuk menanam dan merawat bunga desember.

Klasifikasi Bunga Desember
Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Super Divisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Sub Kelas: Liliidae
Ordo: Liliales
Famili: Amaryllidaceae
Genus: Haemanthus
Spesies: Haemanthus multiflorus

Inilah cara menanam dan merawat bunga desember dengan praktis dan cepat berbunga.

1. Pilih umbi bunga desember yang berkualitas

Untuk tumbuhan yang memakai umbi harus melaksanakan penangan khusus. Hal yang penting, pilihlah umbi bunga desember yang berkualitas supaya pertumbuhan bunga cepat tumbuh. Jika umbi buruk maka akan menghambat pertumbuhan bunga bahkan bunga tidak sanggup tumbuh.

Umbi bunga desember yang berkualitas memiliki ukuran besar. Besar kecilnya umbi menerangkan pertumbuhan bunga. Jika bunga memiliki umbi kecil maka bunga kurang berkualitas. Umbi yang cerah dan mengkilap merupakan ciri umbi bunga desember yang sehat dan cocok untuk diperbanyak.

2. Menanam umbi pada polibag

Jika anda sudah menentukan umbi yang berkualitas selanjutnya ialah dengan menyiapkan media tanam umbi dan menanamnya dalam polibag. Cara ini akan menciptakan bunga desember tumbuh dengan optimal sebelum dipindahkan ke pot besar.

Berikut ialah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menanam bunga desember yang benar:

- Cuci higienis umbi bunga dengan air bersih. Setelah itu biarkan umbi selama beberapa hari di kawasan yang higienis dan gelap, hal ini bertujuan supaya umbi muncul tunas. Di samping menunggu umbi bertunas anda sanggup menyiapkan media tanam untuk bunga.

- Bunga desember menyukai tanah yang gembur dan subur, anda sanggup memakai media percampuran pasir dan tanah humus. Kemudian ayak media dan ambil media yang halusnya saja kemudian aduk hingga merata.

- Masukan media ke dalam polibag berukuran sedang dan berdiameter 10 cm atau sanggup diadaptasi dengan ukuran umbi bunga. Siram media dengan air secukupnya, jikalau media menyusut tambahkan supaya penuh kembali.

- Lakukan penanaman pada pagi atau selatan hari. Setelah siap, lakukan penanaman umbi ke dalam polibag. Harap berhati hati ketika memindahkan umbi supaya tidak merusak tunas yang tumbuh. Buat lubang yang sesuai dengan ukuran umbi kemudian masukan umbi dalam polibag.

- Tutup rapat umbi yang ditanam dengan media, jangan ada pecahan umbi yang terlihat oleh mata. Selanjutnya ialah penyiraman rutin sebanyak 2× sehari.

Baca juga: 5 Cara menanam dan merawat bunga mawar hitam

- Pada ketika bunga tumbuh lakukan penyemprotan dengan fungisida dan pestisida dengan ukuran 3-5 G / L. Jangan lupa berikan pemupukan anorganik NPK untuk mempercepat pertumbuhan tunas bunga.

3. Transpalanting bunga ke pot individu

Pada ketika bunga desember berumur 3-4 bulan sesudah ditanam, maka datang saatnya untuk memindahkan bunga ke dalam pot individu yang disediakan. Teknik pemindahan ini sering disebut transpalanting.

Transpalanting ini bertujuan untuk pertumbuhan tumbuhan supaya menghasilkan bunga. Pada satu polibag mungkin akan menghasilkan sekitar 2-3 stek gres jikalau tidak dilakukan pemidahan maka akan menghambat pertumbuhan bunga.

Cara transpalanting bunga desember:

- Sediakan pot plastik ukuran besar berdiameter 25-35 CM. Media yang dipakai sama dengan komposisi tanah, kompos dan pasir. Ayak media kemudian campur media secara merata.

- Masukan dalam wadah pot. Untuk pecahan dasar media memakai pecahan kerikil bata supaya membantu proses pengeluaran air. Pilih bibit polibag yang sehat dan menghasilkan pertumbuhan yang baik. Harap berhati hati ketika mengeluarkan bibit, sobek polibag dan sertakan juga tanah di dalamnya.

- Jika terdapat lebih dari satu umbi pada polibag maka pisahkan dan tanam di pot yang berbeda jikalau bisa. Transpalanting ini dilakukan untuk satu tumbuhan dan 1 pot tanam, tutup kembali lubang tanah dan jangan biarkan umbi terlihat di permukaan, jikalau media berkurang ketika disiram tambahkan media hingga penuh kembali.

Cara merawat bunga desember

1. Jangan terlalu sering melaksanakan penyiraman ketika cuaca lembab lantaran sanggup menjadikan umbi membusuk.

2. Pada ketika kemarau lakukan penyiraman sebanyak 2× sehari memakai hand sprayer.

3. Pangkas atau buang daun yang sudah menguning atau rusak.

4. Beri bunga pemupukan memakai pupuk NPK.


Sumber https://magersena.blogspot.com/