MASIGNCLEAN101

Inilah 5 Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk Yang Rusak Dengan Gampang Dan Cepat

Inilah 5 Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk yang Rusak Dengan Praktis dan Cepat


 Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk yang Rusak Dengan Praktis dan Cepat Inilah 5 Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk yang Rusak Dengan Praktis dan Cepat


Magersena.blogspot.com - Flashdisk yaitu perangkat penyimpanan yang mudah dan cepat digunakan. Anda ingin menyimpan data atau file dengan gampang dan cepat untuk mengaksesnya kembali maka flashdisk yaitu alat yang tepat.

Flashdisk ini biasanya dimiliki oleh mahasiswa dan pelajar yang dipakai untuk menyimpan file - file penting yang berkaitan dengan pelajaran sekolah mereka. Tidak hanya pelajar dan mahasiswa, para pekerja dan karyawan terkadang membawa flashdisk sekali - kali untuk kepentingan mendadak.

Flashdisk sangatlah penting untuk mengakses file dengan cepat. Tapi, bagaimana jikalau flashdisk mengalami kerusakan ibarat flashdisk minta format, flashdisk tidak sanggup di format, flashdisk tidak terdeteksi di pc ataupun mobile dan problem lainnya.

Hal ini akan menciptakan anda resah ihwal nasib file yang tersimpan di flashdisk. File akan hilang jikalau flashdisk rusak berat, untuk mengatasi flashdisk rusak ini, saya akan menjelaskan bermacam-macam cara mengatasi flashdisk rusak ini, diantaranya flashdisk tidak sanggup di format, flashdisk minta format, mengembalikan file terhapus di flashdisk dan flashdisk tidak terdeteksi.

Kerusakan pada flashdisk ini biasanya disebabkan oleh flashdisk terkena virus atau flashdisk sudah corrupt. Oke, eksklusif saja berikut cara mengatasi flashdisk rusak dengan gampang dan cepat


1. Cara memperbaiki flashdisk rusak yang tidak sanggup di format



Sebelum anda membeli flashdisk baru, sebaiknya anda coba cara berikut untuk memperbaiki flashdisk yang rusak tapi tidak sanggup di format. Perlu anda tahu, syarat memperbaiki flashdisk ini yaitu seluruh data dari flashdisk akan terhapus permanen.

Jadi, jikalau anda punya data penting di flashdisk yang rusak ini maka anda harus terima resikonya agar flashdisk sanggup berfungsi lagi dengan normal. Terdapat banyak kasus flashdisk error ibarat di bawah ini.

Padahal sudah dicoba untuk format flashdisk dengan cara biasa berkali - kali tetap saja tidak berhasil. Tenang saja, saya akan berikan solusinya.

Pertama pilih tombol windows > ketikkan "cmd" > klik kanan pada aplikasi command prompt > pilih run as andministator > ketikkan "diskpart" kemudian enter > ketikkan "list disk" kemudian enter, di belahan ini anda akan melihat beberapa disk drive pada komputer anda.

 Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk yang Rusak Dengan Praktis dan Cepat Inilah 5 Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk yang Rusak Dengan Praktis dan Cepat


Anda pilih disk yang rusak dengan mengetik "select disk (nomor disk yang rusak)" kemudian enter > kemudian ketikkan clean kemudian enter. Di langkah ini, anda sanggup menutup command prompt.

Anda masuk ke file explorer > klik kanan pada tombol start > pilih disk management > cari disk yang rusak > pilih dan klik kanan kemudian pilih new simple volume > pilih next > pilih next > tentukan alamat flashdisk yang rusak kemudian pilih next > pilih "do not format this volume" kemudian pilih next.

Baca juga : cara mengatasi laptop layar hitam / blank screen di windows 7 dan windows 10 dengan gampang dan cepat

Maka akan muncul jendela gres untuk memformat flashdisk nya. Anda pilih format disk > pilih start kemudian OK. Setelah proses format selesai. Anda sanggup mencoba memasukkan beberapa file ke dalam flashdisk tadi. Cara ini berlaku juga untuk flashdisk microSD dan MMC card.


2. Cara memperbaiki flashdisk yang minta format



Masalah ini akan terjadi jikalau anda selalu melalaikan ketika memasang atau mencabut flashdisk. Penyebab dari flashdisk minta format ini yaitu selalu dicabut secara tidak procedural atau tidak sesuai aturan.


 Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk yang Rusak Dengan Praktis dan Cepat Inilah 5 Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk yang Rusak Dengan Praktis dan Cepat


Biasanya pengguna eksklusif mencabut flashdisk ketika selesai menggunakannya, padahal diharuskan meng-eject terlebih dahulu melalui file explorer atau taskbar. Nah, bagaimana cara mengatasinya jikalau sudah terlanjur terjadi. Berikut caranya.

Pada ketika anda memasangkan flashdisk pada PC anda maka akan muncul pemberitahuan untuk memformat flashdisk terlebih dahulu sebelum memakai nya. Hal ini berarti anda harus format flashdisk untuk sanggup memakai flashdisk nya kembali.

Hal ini tentu menjadi pertimbangan untuk anda. Jika flashdisk di format maka seluruh data akan hilang dan kita sanggup rugi. Jika flashdisk tidak di format, flashdisk tidak sanggup digunakan. Bingung kan ?

Cara mengatasinya sangat mudah, anda masuk ke file explorer > klik kiri pada flashdisk yang rusak > sambil menunggu, di keyboard tekan windows + R untuk memunculkan sajian run > ketikkan cmd kemudian enter > ketikkan "chkdsk (letter drive yang rusak, lihat di file explorer) /r" kemudian tekan enter. Contoh ibarat ini : (chkdsk H: /r).


 Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk yang Rusak Dengan Praktis dan Cepat Inilah 5 Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk yang Rusak Dengan Praktis dan Cepat


Untuk prosesnya sedikit lama, anda harus menunggu hingga proses selesai. Jika anda ingin mengenal apa itu "chkdsk" di command prompt maka anda tinggal ketikkan "chkdsk /? di cmd.

Setelah proses selesai, anda sanggup melihat informasi ihwal flashdisk yang rusak tersebut. Jika proses nya berjalan dengan lancar atau berhasil. Pada ketika anda masuk ke file explorer maka akan muncul jendela autoplay, di autoplay ini anda sanggup mengecek semua file di flashdisk yang rusak tersebut dengan menentukan open file.

Seluruh data dalam flashdisk sanggup anda jalan masuk dan dipakai kembali tanpa harus format terlebih dahulu meskipun masalahnya harus diformat. Anda juga sanggup melihat informasi ihwal kapasitas flashdisk di properties flashdisk.


3. Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terdeteksi



Terkadang, anda pernah memasang flashdisk tapi kenapa usang terdeteksi oleh PC atau kadang tidak terdeteksi sama sekali. Jika anda mengalaminya ketika ini, jangan khawatir saya akan memperlihatkan solusi terbaik.

Jika flashdisk tidak sanggup terdeteksi oleh komputer maka jangan dipaksakan dengan cabut - pasang berulang kali lantaran flashdisk sanggup rusak dan tidak sanggup dipakai lagi. Untuk mengatasinya, simak caranya di bawah ini.

Baca juga : cara gampang memperkecil ukuran foto di android dan pc dengan cepat

Anda tekan windows, ketik di pencarian "creat and format hard disk partition" kemudian enter > maka akan muncul jendela disk management, jikalau flashdisk anda masih elok maka akan terdeteksi di disk management ini. Tapi kenapa tidak muncul di file explorer, berikut caranya.

Anda klik kanan pada flashdisk yang rusak > pilih change drive letters > pilih add > pilih partisi flashdisk yang rusak > terakhir pilih OK. Maka anda sanggup melihat flashdisk yang susah terdeteksi, kini sanggup anda jalan masuk kembali. Bagaimana gampang caranya kan ?


4. Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk



Anda niscaya pernah menghapus suatu file di android atau PC dengan tidak sengaja. Tapi, anda gundah bagaimana cara mengembalikannya ke penyimpanan tanpa download file nya lagi dari internet. Berikut caranya.

Anda download software EaseUS Data Recovery terlebih dahulu untuk membantu pengembalian file. Buka EaseUs > pilih flashdisk yang terhapus file nya tadi > pilih scan > sesudah proses scan selesai, pilih file yang ingin dikembalikan ke penyimpanan flashdisk.

 Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk yang Rusak Dengan Praktis dan Cepat Inilah 5 Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk yang Rusak Dengan Praktis dan Cepat


Setelah memilih, anda klik recover > pilih lokasi penyimpanan lain untuk menghindari file corrupt sebelum dipindahkan ke flashdisk. Selesai, kini anda sanggup memakai file yang tidak sengaja terhapus.


5. Cara mengatasi flashdisk tidak terdeteksi di HP



Anda orang yang sering mengakses flashdisk melalui handphone anda. Pasti flashdisk pernah mengalami problem ibarat sulit terdeteksi di hp atau smartphone anda. Bagaimana cara mengatasinya ?

Baca juga : cara ampuh memperbaiki mesin basuh nyetrum dengan gampang dan cepat

Caranya anda harus menginstall software EaseUs Partition Master. Setelah itu, buka aplikasi EaseUs > cari flashdisk anda yang rusak > klik kanan dan pilih convert to MPR > pilih apply dan yes > tunggu hingga prosesnya selesai. Setelah prosesnya selesai, cabut flashdisk dari PC dan sambungkan ke hp melalui kabel OTG. Maka flashdisk sanggup terdeteksi kembali oleh hp anda.

 Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk yang Rusak Dengan Praktis dan Cepat Inilah 5 Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk yang Rusak Dengan Praktis dan Cepat

Demikian yang sanggup saya sampaikan. Semoga bermanfaat :)

Sumber https://magersena.blogspot.com/