MASIGNCLEAN101

Rpp Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tema 1 2 3 4 Semester Ganjil

Sudah usang tidak memposting informasi pendidikan, maka kali ini admin akan coba membuatkan perihal perangkat pembalajaran k13 yang mesti dipersiapkan oleh guru kelas 3 pada tahun pelajaran 2018/2019 ini.

Oke pribadi ke topik pembahasan. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa rpp k13 kelas 3 revisi 2018 memang banyak dicari misalnya oleh para guru Indonesia. Dengan alasan itulah admin menciptakan postingan ini sekaligus membagikan contohnya.

Sekedar pengetahuan bagi kita bahwa rpp k13 revisi 2018 untuk kelas 3 haruslah dibentuk berdasarkan buku k13 tematik guru dan siswa yang telah diterbitkan kemdikbud tahun 2018 ini.

Untuk itulah jangan hingga salah dalam mencari rujukan di Internet. Guna mempermudah bapak dan ibu guru dibawah ini yakni salah satu pola rpp k13 tema 1 revisi 2018 yang mungkin saja sanggup mempermudah anda. Semoga bermanfaat.

Bagi bapak dan ibu yang membutuhkan perangkat pembelajaran kelas 3 revisi 2018 lengkap semua tema dan subtema silahkan hubungi FB saya di alamat ini "https://web.facebook.com/perangkatguru". atau wa ke 085273216532

Sudah usang tidak memposting informasi pendidikan rpp kelas 3 Kurikulum 2013 revisi 2018 Tema 1 2 3 4 Semester Ganjil
  • RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 3 TEMA 1 SUBTEMA 1-4 PEMBELAJARAN 1-6 - SIMPAN RPP

  • RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 3 TEMA 2 SUBTEMA 1-4 PEMBELAJARAN 1-6 - SIMPAN RPP

  • RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 1-4 PEMBELAJARAN 1-6 - SIMPAN RPP

  • RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 3 TEMA 4 SUBTEMA 1-4 PEMBELAJARAN 1-6 - SIMPAN RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  SDN 22 Muara Enim
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 1
Tema 2                            :  Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Sub Tema 1                   :  Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia
Pembelajaran                :  1
Alokasi Waktu               :  1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan :   ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai aliran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)

Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.8 Menguraikan pesan dalam dongeng yang disajikan secara lisan, tulis, dan visual dengan tujuan untukkesenangan
3.8.1 Membaca cerita dengan lafal, intonasi, dan ekspresi.
2
4.8 Memeragakan pesan dalam dongeng sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif
4.8.1 Mengidentifikasi informasi isi cerita yang didengar.

SBdP
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu
3.2.1 mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana dengan bernyanyi.
2
4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu
4.2.1 memeragakan pola irama sederhana pada lagu ”Cemara”.

MATEMATIKA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menjelaskan sifat- sifat operasi hitung pada bilangan cacah
3.1.1 Menemukan sifat pertukaran pada penjumlahan.
2
4.1 Menyelesaikan problem yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah
4.1.1 memakai sifat pertukaran pada penjumlahan untuk menuntaskan masalah.


C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan memperhatikan tanda baca, siswa sanggup membaca dongeng dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.
2.    Dengan menjawab pertanyaan, siswa sanggup mengidentifikasi informasi isi dongeng yang didengar dengan tepat.
3.    Dengan mengamati klarifikasi guru, siswa sanggup menemukan sifat pertukaran pada penjumlahan dengan tepat.
4.    dengan mengamati klarifikasi guru, siswa sanggup memakai sifat pertukaran pada penjumlahan untuk menuntaskan problem dengan tepat.
5.    Dengan mengamati klarifikasi guru, siswa sanggup mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana dengan bernyanyi dengan tepat.
6.    Dengan acara bersama-sama, siswa sanggup memeragakan pola irama sederhana pada lagu ”Cemara” dengan tepat.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas


D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memperlihatkan salam dan mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Tanah Airku”. Nasionalis
¡   Guru menginformasikan acara yang akan dilakukan pada hari itu.
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Guru melaksanakan ice breaking melalui acara bernyanyi atau bermain tebak-tebakan atau acara lain. Creativity and Innovation
¡   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai sesudah acara pembelajaran dilaksanakan. Communication
¡   Guru melaksanakan apersepsi, siswa diingatkan kembali perihal hal-hal yang perlu diperhatikan ketika membaca teks dengan bunyi lantang.
¡   Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membaca teks:
a.          Lafal
- Mengucapkan kata dengan tepat
- Menggunakan frasa yang sempurna (bukan kata demi kata)
b.     Intonasi suara
Kalimat yang diakhiri dengan tanda titik intonasi suaranya datar.
Kalimat yang diakhiri tanda tanya intonasi suaranya menurun. Kalimat yang diakhiri tanda seru intonasi suaranya agak naik.
c.     Ekspresi
Siswa membaca dengan penuh perasaan.
d. Tanda baca
-  Jika ketika membaca bertemu tanda koma (,) maka pembaca berhenti membaca sebentar, kemudian dilanjutkan kembali.
-  Jika ketika membaca bertemu tanda titik (.) maka pembaca berhenti membaca kemudian pembaca mulai membaca kalimat berikutnya.
§  Suara lantang dan sanggup didengar oleh orang lain dengan jelas.
10 menit
Inti
§  Siswa membaca teks cerita secara bergantian dengan bunyi lantang.
Setiap siswa membaca satu paragraf. Pada acara ini guru melaksanakan penilaian. Mandiri
§  Siswa dan guru mendiskusikan kata-kata yang belum dipahami siswa. Communication
§  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan isi cerita yang telah dibacanya.
§  Siswa menyimak klarifikasi guru perihal sifat pertukaran pada penjumlahan.
§  Guru membawa 2 buah kotak ke dalam kelas. Kotak pertama berisi 35 helai daun kering. Kotak kedua berisi 15 helai daun kering. Guru dan siswa menghitung bersama banyaknya daun kering di kotak pertama dan kedua.
Salah satu siswa menjadi sukarelawan untuk menuliskan penjumlahan berdasarkan banyaknya daun kering di kedua kotak.
35 + 15 = 50 Creativity and Innovation
§  Guru mengubah letak kotak pertama dengan kotak kedua. Salah satu siswa menjadi sukarelawan menuliskan penjumlahan berdasarkan pertukaran tempat kedua kotak. Guru mengoreksi penjumlahan yang telah ditulis
siswa.
15 + 35 = 50
Jadi, 35 + 15 = 15 + 35
§  Guru memperlihatkan pola lagi dengan penjumlahan lain:
120 + 930 = 1050
930 + 120 = 1050
Jadi, 120 + 930 = 930 + 120
§  Guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa kalau ada hal yang ingin ditanyakan.
§  Guru menjawab pertanyaan-pertanyaan siswa.
§  Siswa mengerjakan latihan soal-soal dengan memperhatikan sifat pertukaran pada penjumlahan. Guru menilai hasil pekerjaan siswa. Mandiri
§  Siswa dan guru mendiskusikan pohon cemara sebagai tumbuhan yang banyak mempunyai manfaat. Communication
§  Kayu cemara sanggup dipakai untuk menciptakan perabot rumah tangga. Daun cemara sanggup dijadikan teh yang banyak mengandung vitamin C. Pohon cemara sanggup diolah menjadi minyak yang sanggup dipakai untuk mengobati penyakit sinus dan juga batuk.
§  Guru mencontohkan cara menyanyi lagu Cemara ciptaan AT. Mahmud yang diikuti oleh siswa. Pada ketika guru menyanyikan lagu Cemara pada bait pertama dan kedua, sambil memperlihatkan kertas origami (bisa kertas lain) berwarna biru.

Saat guru menyanyikan bait ketiga, guru memperlihatkan kertas origami (bisa kertas lain) berwarna kuning.

Guru memperlihatkan kertas origami (bisa kertas lain) berwarna hijau ketika menyanyikan bait keempat. Hal ini dilakukan dengan tujuan mengenalkan pola irama yang ada pada lagu cemara.


§  Siswa menyanyikan lagu Cemara gotong royong yang dipandu oleh guru. Mandiri
§  Guru membimbing siswa menyanyikan lagu Cemara dimana syair diganti dengan senandung la…la…la…la…….la sambil menepuk meja. Siswa melaksanakan acara ini untuk memeragakan pola irama sederhana pada lagu.
§  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Tiap kelompok menyanyikan lagu Cemara secara bergantian.
§  Siswa menyanyi lagu Cemara secara individual bila waktu masih tersedia.
§  Guru dan siswa melaksanakan acara refleksi acara hari itu. Dalam acara refleksi, guru memperlihatkan beberapa pertanyaan berikut ini:
a.     Apa yang kau pelajari hari ini?
b.     Bagaimana perasaanmu ketika acara membaca nyaring/mengerjakan soal-soal penjumlahan dengan sifat pertukaran/menyanyikan lagu cemara?
c.     Kegiatan apa yang paling kau sukai?
d.      Informasi apa yang ingin kau ketahui lebih lanjut?
e.     Bagaimana caramu untuk mendapat informasi tersebut?
§  Pertanyaan yang diajukan guru pada acara refleksi sanggup dijawab siswa secara ekspresi atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menulis tanggapan pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa mempunyai sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.

35 Menit X  30 JP
Penutup
§   Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehari Integritas
§   Bertanya jawab perihal materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya perihal pembelajaran yang telah diikuti. Communication
§   Melakukan evaluasi hasil belajar
§   Menyanyikan lagu kawasan “Ampar-Ampar Pisang” Nasionalis
§   Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri acara pembelajaran) Religius
15 menit







E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
§  Buku Pedoman Guru Tema : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
§  Buku Siswa Tema : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
§  Teks dongeng
§  Teks lagu ”Cemara”
§  Keyboard (jika ada)/midi (musik tanpa lagu) ”Cemara”



Mengetahui
Kepala Sekolah




Irawan, S.Pd.
NIP. 19570709 197803 1 001
…………, ………….2018
Guru Kelas III




Jelina Nurhayati, S.Pd.
NIP. 19730101 198703 2 005

 

Lampiran 1
F.      MATERI PEMBELAJARAN
§  Membaca cerita dengan nyaring.
§  Menjawab pertanyaan dari teks dongeng.
§  Menyelesaikan soal-soal pertukaran pada penjumlahan.
§  Bernyanyi lagu dengan pola irama sederhana.

G.     METODE PEMBELAJARAN
§  Pendekatan     : Saintifik
§  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

Lampiran 2
H.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanan tingkah laku
Santun
Peduli
Tanggung Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
...................












2
...................












3
……………..












4
……………..












5
……………..












Dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a.    Menjawab pertanyaan berdasarkan teks dongeng
Banyak soal: 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 20
Kunci Jawaban
1)     Seorang anak laki-laki.
2)     Pohon apel merasa senang.
3)     Pohon apel memperlihatkan cabang-cabang pohonnya untuk dijadikan materi pembuat rumah atau pohon apel menyediakan akar pohonnya yang tersisa sebagai tempat beristirahat. (Jawabannya sanggup salah satu).
4)     Pohon apel merasa kesepian dan murung alasannya tidak bertemu dan
bermain bersama temannya.
5)     Pohon apel menangis alasannya merasa senang sanggup gotong royong dengan temannya lagi.
b.    Melengkapi latihan penjumlahan dengan pertukaran
Banyak soal: 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 20
Kunci Jawaban
1.    a. 550                b. 550             c. 350 ; 200
2.    a. 720                b. 720             c. 220 ; 500
3.    a. 980                b. 980             c. 470 ; 510
4.    a. 830                b. 830             c. 400 ; 430
5.    a. 1085             b. 1085           c. 480 ; 605


c.    Menuliskan baris yang mempunyai pola irama yang sama
Banyak soal: 2 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 50
Kunci Jawaban
1.      Baris pada lagu Cemara yang pola iramanya sama: Baris di bait 1 dan 2
2.      Baris pada lagu Cemara yang pola iramanya berbeda: Baris di bait 1 dan 3 atau baris di bait 1 dan 4 atau baris di bait 3 dan 4

Penilaian Keterampilan
a.     Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Membaca Teks Dongeng

Demikianlah Informasi penting terkait dengan pola rpp k13 kelas 3 revisi 2018 yang sanggup admin bagikan. Semoga bermanfaat.


Sumber https://www.artikelblogq.com/