Syukur alhamdulillah admin ucapkan sebab masih sanggup menulis di blog ini, membagikan informasi terbaru seputar kurikulum 2013 untuk seluruh guru di Indonesia. Tak lupa admin ucapkan terima kasih banyak kepada pengunjung blog yang selalu setia menjadi pembaca blog kami.
Menjelang semester genap atau 2 (dua) tahun pelajaran 2018/2019 para guru harus kembali menyusun dokumen II perangkat pembelajaran terbaru edisi revisi 2017.
Adapun kesempatan yang baik ini kami mencoba kembali akan membagikan salah satu dokumen pendukung perangkat mengajar guru di kelas yaitu RPP.
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang kami bagikan ini ialah untuk kelas 5 sd semester 2 tema 8 lengkap dengan subtema dan pembelajaran yang tentunya disusun menurut permendikbud nomor 22 tahun 2016
Untuk mengingatkan rekan guru di di indonesia, kami telah merangkum urutan perangkat pembelajaran semester 2 kelas 5 menyerupai yang kami tuliskan di bawah ini
- Cover Perangkat Kelas 5 Semester 2 K13 Revisi 2017
- KI-KD PPKn Kelas 5 K13 (Lampiran 18 Permendikbud No. 24 Tahun 2016)
- KI-KD B. Indonesia Kelas 5 K13 (Lampiran 1 Permendikbud No. 24 Tahun 2016)
- KI-KD IPA Kelas 5 K13 (Lampiran 5 Permendikbud No. 24 Tahun 2016)
- KI-KD IPS Kelas 5 K13 (Lampiran 10 Permendikbud No. 24 Tahun 2016)
- KI-KD SBdP Kelas 5 K13 (Lampiran 30 Permendikbud No. 24 Tahun 2016)
- Sebaran KD sesuai Buku Guru Kelas 5 Semester 2 K13 Revisi 2017
- Pemetaan KD sesuai Buku Guru Kelas 5 Semester 2 K13 Revisi 2017
- Silabus Tematik SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
- Silabus Tematik Kelas 5 Semester 2 K13 Revisi 2017
- Silabus Tematika 5 Tema 6 K13 Revisi 2017
- Silabus Tematika 5 Tema 7 K13 Revisi 2017
- Silabus Tematika 5 Tema 8 K13 Revisi 2017
- Silabus Tematika 5 Tema 9 K13 Revisi 2017
- Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2017/2018
- Program Tahunan Kelas 5 Semester 2 K13 TP 2017-2018
- Program Semester 2 Kelas 5 K13 TP 2017-2018
- Penetapan KBM/KKM Kelas 5 Semester 2 K13 Revisi 2017 (Excel)
- Administrasi Guru Kelas 5 TP 2017-2018
Kegiatan | Deskripsi | Alokasi Waktu | ||||
Pendahuluan | 1. Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa. 2. Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. 3. Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru sanggup menawarkan penguatan wacana perilaku syukur. 4. Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru menawarkan penguatan wacana pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. 5. Siswa diminta menyidik kerapian diri dan kebersihan kelas. 6. Siswa memperhatikan klarifikasi guru wacana tujuan, manfaat, dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. 7. Siswa menyimak klarifikasi guru wacana pentingnya perilaku disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran. 8. Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan. 9. Siswa diajak menyanyikan lagu kawasan setempat untuk menyegarkan suasana kembali. | 15 menit | ||||
Kegiatan inti | Proses KBM KegiatanPembuka • Siswamengamatigambar yang terdapatpadahalaman 1 bukusiswa. • Denganbimbingan guru, siswamengidentifikasiberbagaikondisilingkungan padagambar. Guru mengaitkankegiataninidenganjudultemaLingkunganSahabat KitasertajudulsubtemaManusiadanLingkungan. • Guru dapatmemberikanbeberapapertanyaanuntukmenstimulusketertarikasiswatentangtopikManusiadanLingkungan.Pertanyaan: 1. Fakta-faktaapa yang ditunjukkangambargambartersebut? Jawaban: Gambaratasmenunjukkanlingkungan yang indahberupaareal persawahan yang subur. Gambarbawahmenunjukkananakanakusia SD sedangmenanambibittanaman. 2. Apakahlingkunganbergunabagimanusia? Mengapa? Jawaban: Lingkunganbergunabagimanusia, karenalingkungan menyediakansemuakebutuhanhidupmanusia. 3. Keuntunganapa yang diperolehmanusiajikamenjagalingkungan? Jawaban: Jikamanusiamenjagalingkungan, semuakebutuhanhidupmanusiadapattercukupi. 4. Apaakibatnyajikamanusiatidakmenjagalingkungan? Jawaban: Jikamanusiatidakmenjagalingkungan, lingkungan menjadirusakdantidakmemberikanmanfaatbahkandapat menimbulkankerugiandanbencanabagimanusia. 5. Bagaimanakondisilingkungan di sekitarmu? Jawaban: Siswadimintamenceritakansesuaikondisilingkungannya
. • Siswamembacapengantarmengenai air sebagaisalahsatuunsur pentingdalamlingkungan. Air sangatdiperlukanbagikehidupan di bumi. • Siswadiajakbertanyajawabmengenaimanfaat air. Ayo Membaca • Siswamembacateksberjudul “Demi Air Bersih, WargaWaboroboRelaBerjalanSejauh 15 Kilometer” padabukusiswa. Kegiatan membacadapatdilakukansecarabergantian. Salah seorangsiswamembacasatuparagraf, siswa lain mendengarkan. Paragrafselanjutnya dibacaolehsiswa yang berbeda. • Siswamenuliskanperistiwa-peristiwayang terdapatpadateksdalambentukpetapikiran. Kemudian, secarabergantian siswamenunjukkanpetapikiran yang telahdibuatnya. • Berikutalternatifjawabanuntukpolapikiranyang telahdilengkapi . Ayo Berdiskusi • Guru mengondisikansiswauntukmelakukan kegiatandiskusi, denganmembuatkelompokkelompok terdiriatas 4 – 5 siswa. Setiap kelompokmenjawabpertanyaan-pertanyaan berikut. 1. Apafungsi air bagimanusia? 2. Apafungsi air bagihewan? 3. Apafungsi air bagitumbuhan? • Siswamenyajikanhasildiskusinyadalam bentukpetapikiran. Selanjutnyasiswamenyajikanhasildiskusikelompokkepadakelompok lain. Hasildiskusisemuakelompokdapatdigunakansebagai bahandiskusikelas.Alternatifjawabansebagaiberikut. | 180 menit | ||||
Penutup | 1. Siswa bersama guru melaksanakan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung: · Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini? · Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar? 2. Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini. 3. Siswa menyimak klarifikasi guru wacana kegiatan pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk memberikan kegiatan bersama orangtua yaitu: meminta orang renta untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah kemudian menceritakan hasilnya kepada guru. 4. Siswa menyimak dongeng motivasi wacana pentingnya perilaku disiplin. 5. Siswa melaksanakan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas. 6. Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. | 15 menit |
- Download rpp tematik k13 kelas 5 revisi 2017 tema 8 dengan subtema 1 Manusia dan Lingkungan - COMOT FILE
- Download rpp tematik k13 kelas 5 revisi 2017 tema 8 dengan subtema 2 Perubahan Lingkungan - COMOT FILE
- Download rpp tematik k13 kelas 5 revisi 2017 tema 8 dengan subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan - COMOT FILE
- Download rpp tematik k13 kelas 5 revisi 2017 tema 8 dengan subtema 4 kegiatan literasi - COMOT FILE
Jangan lupa password rar rpp kelas 5 diatas ialah "rppk13" tanpa tanda petik. Semoga menjadi rujukan yang baik. Terima kasih
Sumber https://www.artikelblogq.com/