MASIGNCLEAN101

Ki Kd Smp Kurikulum 2013 Ipa Revisi 2017 Pdf & Doc

Menjelang bagi raport semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 Sekolah Pelaksana Kurikulum 2013 pastinya sedang sibuk mengisi rapor k13 terbaru dari kemdikbud. Semua isian evaluasi dalam aplikasi e-rapor harus diisi secara manual. Salah satu nya yaitu Kompetensi inti (KI) dan kompetensi Dasar (KD).

Postingan sebelumnya telah kami bagikan ki dan kd k13 revisi 2017 Sekolah Menengah Pertama mata pelajaran matematika, PAI dan PKN. Klai ini akan saya bagikan mapel IPA dalam format DOC siap kopi paste :). File nya dapat anda download dibawah

Postingan sebelumnya telah kami bagikan ki dan kd k Ki Kd Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 IPA revisi 2017 Pdf & Doc
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

1. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KOMPETENSI DASAR

3.1. menerapkan konsep pengukuran banyak sekali besaran dengan memakai satuan standar (baku)

3.2. mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda menurut karakteristik yang diamati

3.3. menjelaskan konsep adonan dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari

3.4. menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu badan pada insan dan hewan

3.5. menganalisis konsep energi, banyak sekali sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis

3.6. mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel hingga organisme dan komposisi utama penyusun sel

3.7. menganalisis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi jawaban interaksi tersebut

3.8. menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem

3.9. menganalisis perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem

3.10. menjelaskan lapisan bumi, gunung api, gempa bumi, dan tindakan pengurangan resiko sebelum, pada saat, dan pasca peristiwa sesuai bahaya peristiwa di daerahnya

3.11. menganalisis sistem tata surya, rotasi dan revolusi bumi, rotasi dan revolusi bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di bumi

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

4.1. menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan memakai satuan tak baku dan satuan baku

4.2. menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar menurut karakteristik yang diamati

4.3. menyajikan hasil penyelidikan atau karya wacana sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran

4.4. melaksanakan percobaan untuk menilik efek kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor

4.5. menyajikan hasil percobaan wacana perubahan bentuk energi, termasuk fotosintesis

4.6. menciptakan model struktur sel tumbuhan/hewan

4.7. menyajikan hasil pengamatan terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya

4.8. menciptakan goresan pena wacana gagasan penyelesaian persoalan pencemaran di lingkungannya menurut hasil pengamatan

4.9. menciptakan goresan pena wacana gagasan adaptasi/penanggulangan persoalan perubahan iklim

4.10. mengomunikasikan upaya pengurangan resiko dan dampak musibah serta tindakan evakuasi diri pada ketika terjadi peristiwa sesuai dengan jenis bahaya peristiwa di daerahnya

4.11. menyajikan karya wacana dampak rotasi dan revolusi bumi dan bulan bagi kehidupan di bumi, menurut hasil pengamatan atau penelusuran banyak sekali sumber informasi


Sumber https://www.artikelblogq.com/