MASIGNCLEAN101

Rpp Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Lengkap Semua Bahan Pokok

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat hari guru Nasional Tahun 2017. Semoga para guru indonesia semakin semangat dalam mendidik anak bangsa menjadi generasi penerus terbaik dalam membangun Indonesia tercinta.

Sahabat pembaca, dikarenakan sudah banyak rekan-rekan yang meminta saya biar membagikan rpp bahasa indonesia k13 kelas 8 edisi revisi 2017 semester 1 & 2, maka di postingan kali ini kami akan coba saya share.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa rpp kurikulum 2013 revisi 2017 terperinci sangat berbeda dengan revisi 2016. Mengapa? alasannya pada revisi 2017 memunculkan 4 (poin) yang dimasukkan dalam aktivitas pembelajaran, baik kegitan inti maupun penutup. Nah keempat point tersebut ialah literasi, ppk, 4c dan Hots.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh rpp bahasa indonesia kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017 Lengkap Semua Materi Pokok

Selain rpp, kami juga membagikan lampiran bahan pokok tes tertulis dan uraian tiap RPP. Semoga bermanfaat

Untuk lebih jelasnya berikut kami contohkan rpp bahasa indonesia kurtilas revisi 2017 kelas 8 Sekolah Menengah Pertama dengan bahan pokok teks ekplanasi tema pristiwa alam.

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : SMPN 3 Prabumulih

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester : VIII / I

Materi Pokok : Teks Eksplanasi

Tema : Peristiwa Alam

Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (3 pertemuan )

A. KOMPETENSI INTI

1. Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya.

2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan tempat regional.

3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan insiden tampak mata.

4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abnormal sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Kompetensi Dasar
Indikator
3.9
Mengidentifikasi informasi
dari teks eksplanasi
berupa paparan jadian  suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca
3.9.1.


3.9.2.

3.9.3.
Menunjukkan kekurangan teks eksplanasi berdasar susunan teks, paragraf dalam teks, kosa kata, dan kunjungsi yang dipakai di dalam teks.
Memahami ciri-ciri kebahasaan dalam teks eksplanasi.
Mengklasifikasikan makna kata dan istilah dalam teks eksplanasi
4.9
Meringkas isi teks  eksplanasi yang berupa proses terjadinya suatu fenomena dari bermacam-macam sumber yang didengar dan dibaca.
4.9.1.


4.9.2.

4.9.3.

Menjawab tentang  kekurangan teks eksplanasi berdasar susunan teks, paragraf dalam teks, kosa kata, dan kunjungsi yang dipakai di dalam teks.
Menangkap makna teks eksplanasi ciri-ciri kebahasaan verbal maupun tulisan.
Meringkas teks eksplanasi makna kata pada tema perihal fenomina alam.


C. TUJUAN PEMBELAJARAN

Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti pembelajaran perihal terjadinya fenomina alam, siswa dibutuhkan sanggup :

1. memilih informasi keadaan alam secara benar .

2. memilih informasi perihal terjadinya gempa bumi secara benar.

Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti pembelajaran perihal fenomina alam, siswa dibutuhkan dapat:

1. menjelaskan keadaan alam secara benar.

2. menjelaskan terjadinya gempa bumi, dengan ukuran secara benar. Pertemuan Ketiga

Setelah mengikuti pembelajaran perihal fenomina alam dengan, siswa dibutuhkan dapat:

1. menjawab/menyimpulkan pertanyaan perihal isi keadaan alam yang sebenarnya.

2. Menjawab/ menyimpulkan pertanyaan perihal terjadinya gempa bumi dengan benar.

D. MATERI PEMBELAJARAN

1. Kukurangan teks eksplanasi berdasar

a. Susunan teks
b. Paragraf dalam teks
c. Kosa kata
d. Kunjungsi yang dipakai di dalam teks

2. Meringkas teks eksplanasi Urutan isi/struktur teks eksplanasi :

a. Orientasi pada insiden alam
b. Mengetahui insiden yang benar-benar terjadi.

E. METODE/MODEL PEMBELAJARAN

Pendekatan : Saintifik
Model Pembelajaran : Problem Bases Learning (PBL), diskusi, tanya jawab, penugasan, dan presentasi.

F. MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR

1. Media::

- LCD proyektor
- Teks eksplanasi dengan judul “gempa Bumi”

2. Bahan :

a. Film berjudul Gempa Bumi

b. Gambar atau vidio

3. Sumber belajar:

a. Buku Siswa : Buku Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan halaman 128 -140

b. Gambar peristiwa

G. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan Pertama

Langkah/
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
-       Guru membuka aktivitas pembelajaran dengan berdoa.(PPK)
-       Guru menanyakan absensi siswa.
-       Guru memberikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
-       Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah aktivitas yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
1              10’
Kegiatan Inti
-       Guru menayangkan judul “Gempa Bumi”. (Literasi)
-       Siswa menuliskan prediksi isi  film berdasarkan judul tersebut.
-       Guru menayangkan potongan film perihal adanya Gunung Berapi.
-       Siswa mengidentifikasi isi bagian film yang ditayangkan. (literasi media)
-       Siswa menyimpulkan isi bab film yang ditayangkan. (literasi media).
-       Guru menanyakan keterkaitan tayangan film dengan bahan yang akan diajarkan.
-       Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dariempat orang. (4C)
-       Siswa dalam kelompok mengamati teks eksplanasi perihal Gunung Berapi.
-       Dengan dipandu guru, siswa menciptakan pertanyaan secaraberkelompok mengenai informasi terjadinya Gunung Berapi.
-       Masing-masing kelompok mencari informasi dari banyak sekali sumber informasi atau berdiskusi dengan anggota kelompoknya perihal terjadinya Gunung Berapi. (HOTS)
-       Siswa mempresentasikan hasil kerja diskusi kelompok di depan kelas. (4C)
-       Siswa lain diberi kesempatan untuk menyampaikan tanggapan.
60’
Penutup
-       Guru memberi penguatan terkait dengan bahan yang telah dipelajari.
-       Siswa dibantu oleh guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
-       Siswa merefleksi proses KBM yang berlangsung.
-       Guru beserta siswa mengakhiri aktivitas berguru mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa.
10’

Tabel diatas merupakan teladan aktivitas pembelajaran pada rpp k13 bahasa indonesia revisi 2017 kelas 8 (delapan) yang terintegrasi literasi, 4c, hots dan ppk. Semoga dipahami.

H. PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL, DAN PENGAYAAN

1. Teknik Penilaian

a. Sikap (spiritual dan sosial) Observasi (jurnal)
b. Pengetahuan
1) Tes tertulis (Uraian)
2) Penugasan (Lembar Kerja)
c. Keterampilan : Praktik (Penilaian Praktik)

2. Pembelajaran Remedial
Kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:

  • pembelajaran ulang
  • bimbingan perorangan
  • berguru kelompok
  • pemanfaatan tutor sebaya

Catatan : bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan berguru sesuai hasil analisis penilaian.

3. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, siswa yang sudah mencapai ketuntasan berguru diberi aktivitas pembelajaran pengayaan untuk ekspansi dan/atau pendalaman bahan (kompetensi) antara lain dalam bentuk kiprah mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku rujukan dan mewawancarai narasumber.

Dibawah ini telah tersedia link download rpp lengkap semua bahan pokok bahasa indonesia kelas 8 (delapan) dalam format doc dan pdf. Semoga bermanfaat

  • rpp bahasa indonesia smp/Mts kelas 8 k13 revisi 2017 perihal teks isu kd 3.1 dan 4.1 - SIMPAN RPP
  • rpp bahasa indonesia smp/Mts kelas 8 k13 revisi 2017 perihal teks isu teks isu kd 3.2 dan 4.2 - SIMPAN RPP
  • DOWNLOAD rpp bahasa indonesia k13 kelas 8 revisi 2017 MATERI pokok teks iklan, slogan dan poster kd 3.3 dan 4.3 - arsipkan RPP
  • DOWNLOAD rpp bahasa indonesia k13 kelas 8 revisi 2017 MATERI pokok teks iklan, slogan dan poster kd 3.4 dan 4.4 - ARSIPKAN RPP
  • CONTOH rpp bahasa indonesia smp MATERI pokok teks eksposisi kd 3.5 dan 4.5 k13 - SIMPAN RPP
  • CONTOH rpp bahasa indonesia smp MATERI pokok teks eksposisi kd 3.6 dan 4.6 - SIMPAN RPP
  • teladan rpp bahasa indonesia smp/Mts k13 kelas 8 teks puisi kd 3.7 dan 4.7 - SIMPAN RPP
  • teladan rpp bahasa indonesia smp/Mts k13 kelas 8 teks puisi kd 3.8 dan 4.8 - SIMPAN RPP
  • rpp bahasa indonesia smp/Mts kurikulum 2013 kelas 8 teks eksplanasi kd 3.9 dan 4.9 - SIMPAN RPP
  • rpp bahasa indonesia smp/Mts k13 kelas 8 teks eksplanasi kd 3.10 dan 4.10 - SIMPAN RPP

Demikian teladan rpp bahasa indonesia kelas 8 k13 revisi paling gres tahun 2017. Semoga bermanfaat.


Sumber https://www.artikelblogq.com/