RPP kurikulum 2013 revisi 2017 bahasa indonesia kelas 7 semester 1 & 2 sesuai pedoman penyusunan rpp terbaru ini kami bagikan secara lengkap sebagai persiapan anda mengajar tahun 2018/2019 mendatang.
Jika anda rajin membuka internet, di google rpp k13 revisi 2017 yang telah terintegrasi ppk, literasi, hots, dan 4c ini dijual dan harganya tidak mengecewakan tinggi berkisar 200 - 300 ribu rupiah per kelas dan per mata pelajaran. Nah, di postingan ini admin mmebagikannya secara gratis dalam format word artinya anda tinggal mengedit nama sekolah dan nama nama guru mata pelajaran
Sebenarnya rpp k13 edisi revisi ini memang telah banyak di share di google, namun para guru harus teliti menentukan rpp yang benar-benar sudah revisi. biar dipahami.
untuk jelasnya berikut ini kami bagikan referensi rpp k13 bahasa indonesa smp kelas 7 revisi 2017 dengan bahan pokok Teks Surat Pribadi dan Surat Dinas. Semoga bermanfaat
Sekolah : SMPN 4 Gunung Megang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pokok : Teks Surat Pribadi dan Surat Dinas
Alokasi Waktu : 8 x 40 menit (4 x Tatap Muka )
1. Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan daerah regional.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan insiden tampak mata.
4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abnormal sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
Kompetensi Dasar | Indikator | ||
3.11 | Mengidentifikasi isu (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar | 3.11.1 3.11.2 3.11.3 3.11.4 | Menentukan isu dalam surat pribadi Menentukan isu dalam surat dinas Menjelaskan ciri-ciri isi surat pribadi Menjelaskan ciri-ciri isi surat dinas |
4.11 | Menyimpulkan isi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang dibaca atau diperdengarkan | 4.11.1 4.11.2 4.11.3 4.11.4 | Menjawab pertanyaan ihwal isi surat pribadi Menjawab pertanyaan ihwal si surat dinas Menyimpulkan isi surat pribadi Menyimpulkan isi surat dinas |
Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti pembelajaran ihwal surat pribadi dan surat dinas, siswa diperlukan dapat:
1. menentukan isu dalam surat pribadi secara benar .
2. menentukan isu surat dinas secara benar.
Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti pembelajaran surat pribadi dan surat dinas, siswa diperlukan dapat:
1. menjelaskan ciri-ciri isi surat pribadi secara benar.
2. menjelaskan ciri-ciri isi surat dinas secara benar.
Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti pembelajaran surat pribadi dan surat dinas dengan, siswa diperlukan dapat:
1. menjawab pertanyaan ihwal isi surat pribadi dengan benar.
2. menjawab pertanyaan ihwal isi surat dinas dengan benar.
Pertemuan KeempatSetelah mengikuti pembelajaran surat pribadi dan surat dinas, siswa diperlukan dapat:
1. menyimpulkan isi surat pribadi secara benar.
2. menyimpulkan isi surat dinas secara benar.
- Pengertian surat
- Tujuan komunikasi surat
- Bagian surat pribadi
- . Bagian surat dinas
- . Struktur kebahasaan surat dinas
- Saintifik
F. MEDIA/ALAT, BAHAN
1. Media::
- LCD proyektor
2. Bahan :
a. Film “Surat Kecil untukTuhan” bab 1.
b. Teks surat pribadi
c. Teks surat dinas
G. SUMBER BELAJAR
Harsiati,.Titik dkk.2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian, Balitbang, Kemdikbud, Hlm, 243-253.
Harsiati,.Titik dkk. 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian, Balitbang, Kemdikbud. Hlm, 117-121.
Kemdikbud. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia edisi 4. Badan Jakarta: Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. .
Wahyudi, Johan. 2011. Terampil Menulis Surat. Solo: Tiga Serangkai.
Pada tabel acara pembelajaran ini silahkan bapak dan ibu perhatikan 4 (empat) point penting rpp revisi k13 kelas 7 bahasa indonesia
Langkah/ Tahap | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
Pendahuluan | - Guru membuka acara pembelajaran dengan berdoa. - Guru menanyakan absensi siswa. - Guru memberikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan. - Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah acara yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi. | 1 10’ |
Kegiatan Inti | - Guru menayangkan judul “Surat Kecil untuk Tuhan”. - Siswa menuliskan prediksi isi film berdasarkan judul tersebut. - Guru menayangkan potongan film “Surat Kecil untuk Tuhan”. - Siswa mengidentifikasi isi bagian film yang ditayangkan. (literasi media) - Siswa mengidentifikasi huruf yang sanggup diteladani dari potongan film yang ditayangkan. (PPK) - Siswa menyimpulkan isi bab film yang ditayangkan. (literasi media). - Guru menanyakan keterkaitan tayangan film dengan bahan yang akan diajarkan. - Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari empat orang. - Siswa dalam kelompok mengamati teks surat pribadi dan teks surat dinas. - Dengan dipandu guru, siswa menciptakan pertanyaan secara berkelompok mengenai isu dalam surat pribadi dan surat dinas. (4 C) - Masing-masing kelompok mencari isu dari banyak sekali sumber isu atau berdiskusi dengan anggota kelompoknya ihwal surat pribadi dan surat dinas. (4C) - Siswa menuliskan isu yang diperoleh dari teks surat pribadi dan surat dinas. - Siswa mempresentasikan hasil kerja diskusi kelompok di depan kelas. (4C) - Siswa lain diberi kesempatan untukmenyampaikan tanggapan. (4C) | 60’ |
Penutup | - Guru memberi penguatan terkait dengan bahan yang telah dipelajari. - Siswa dibantu oleh guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung. - Siswa mendapatkan kiprah dari guru untuk menemukan isu dari surat pribadi dan surat dinas. (HOTS) - Siswa merefleksi proses KBM yang berlangsung. - Guru beserta siswa mengakhiri acara berguru mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. (PPK) | 10’ |
Dengan melihat rpp diatas biar anda paham perbedaan yang mencolok antara rpp k13 revisi 2017 dengan revisi 2016. Selengkapnya file rpp sudah kami upload dibawah ini
- rpp bahasa indonesia kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2017 Doc paket 1- RPP DOC
- rpp bahasa indonesia kelas 7 k13 revisi 2017 bahan pokok TEKS PROSEDUR - RPP DOC
- rpp bahasa indonesia kelas 7 k13 revisi 2017 bahan pokok Teks Puisi Rakyat - RPP DOC
Semoga RPP k13 kelas 7 bahasa indonesia ini bermanfaat. Sebagai revisi dokumen pendukung perangkat pembelajaran anda tahun 2018 mendatang.
Sumber https://www.artikelblogq.com/