MASIGNCLEAN101

Cara Menanam Dan Merawat Bunga Dahlia Semoga Cepat Berbunga

Cara Menanam dan Merawat Bunga Dahlia Supaya Cepat Berbunga



Bunga Dahlia yaitu bunga yang umum untuk ditanam. Karena cara menanam yang gampang dan cara merawat yang tidak terlalu sulit. Bunga Dahlia mempunyai warna bunga menarik dan indah untuk menghiasi halaman rumah anda.

Bunga dahlia kaktus mempunyai warna putih dan selalu di perjualbelikan. Bunga Dahlia kaktus merupakan jenis Bunga yang sering digunakan untuk bunga dukacita di rumah. Jenis Bunga Dahlia lain banyak digunakan untuk menghiasi pekarangan rumah.

Bunga Dahlia merupakan jenis tumbuhan perdu berumbi yang bersifat tahunan, berbunga di animo panas hingga animo gugur. Bunga Dahlia merupakan Bunga yang berasal dari meksiko. Bunga ini juga dinobatkan sebagai Bunga nasional disana.

Ubi Dahlia mengandung 70% pati dalam bentuk inulin murni. Inulin ini banyak digunakan di bidang kedoteran sebagai materi pengobatan. Jika inulin di fermentasi oleh enzim tertentu maka akan berkembang menjadi fruktosa. Fruktosa yaitu suatu gula yang banyak digunakan untuk pengawetan makanan atau pembuatan sirup.

Bunga Dahlia merupakan Bunga yang disukai banyak orang sebab gampang dalam adaptasi lingkungan sekitar. Jika anda ingin menanam Bunga Dahlia di pekarangan rumah anda. Ikuti saja langkah langkah di bawah ini.

Cara menanam Bunga Dahlia

Kalian harus mengetahui apa saja hal yang harus kalian lakukan pertama kali ketika menanam Bunga Dahlia. Aspek yang paling penting dalam hal menanam ialah cahaya Matahari dan sistem pengairan air yang lancar.

Untuk problem bibit, bibit Bunga Dahlia gampang untuk didapatkan. Anda sanggup menemukan bibit Bunga Dahlia di toko bunga terdekat di kawasan kalian.

Baca juga : cara menanam dan merawat bunga amarilis

Siapkan media tanam untuk memudahkan proses penanaman. Jika anda ingin menanamnya di lahan pribadi maka anda harus membersihkan lahan terlebih dahulu. Jika anda tidak punya lahan untuk menanam Bunga, anda sanggup menikmati keindahan Bunga yang ditanam di pot.

Pastikan bunga Dahlia yang anda tanam harus mendapat sinar matahari dan mendapat pasokan air yang pas untuk mempercepat pertumbuhan. Bahan yang harus anda siapkan yaitu :

-  Tanah humus
- Pupuk kandang
- Tempat menanam (pot atau polibag)

Untuk pergantian media tanam sebaiknya anda memakai polibag terlebih dahulu. Setelah bibit Bunga Dahlia tumbuh, anda sanggup memindahkan ke pot bunga. Anda harus mengisi polibag dengan adonan tana humus, pupuk kompos dan pasir halus sebagai media tanam Bunga Dahlia.

Sesuaikan komposisi media tanam denga besar kecil bibit Bunga Dahlia. Pastikan jangan terlalu padat dan tidak terlalu longgar supaya sirkulasi air sanggup mengalir dengan normal.

NOTE : persiapkan media tanam 7 hari sebelum menanam Bunga Dahlia.

Bunga Dahlia yang tumbuh sebelumnya sanggup mendapat bibit manual dari biji. Untuk potongan batang dan umbi nanti sanggup berkembang menjadi bibit gres Bunga Dahlia.

Tapi bila anda enggan menanam Bunga Dahlia secara manual, maka anda sanggup membeli bibit Bunga Dahlia di toko bunga terdekat di kota anda. Dengan membeli bibit, anda sanggup menentukan jenis Bunga Dahlia yang anda sukai untuk ditanam di halaman rumah anda.

Pada ketika Bunga Dahlia sudah tumbuh dan tinggi pindahkan pada wadah yang lebih besar. Gunakan pupuk kimia untuk menstabilkan pertumbuhan Bunga Dahlia. Pisahkan bibit dari polibag dengan hati-hati, longgarkan media tanam supaya akar bunga tidak rusak.

Potong Bunga Dahlia supaya nutrisi tidak fokus pada perkembangan daun dan akibatnya akan muncul bunga - bunga baru. Gunakan stimulasi pertumbuhan Bunga memakai pupuk baik pupuk kimia atau pupuk kompos.

NOTE : anda sanggup silangkan Bunga Dahlia yang anda tanam dengan bunga lain sehingga menghasilkan perpaduan bunga yang indah.

Cara merawat Bunga Dahlia

Selama persemaian tumbuhan harap disiram 1× sehari dan jangan diberi pupuk sebab makanan di media tanam pun sudah cukup untuk Bunga.

Penyiangan gulma dilakukan dengan hati - hati sebab sanggup merusak bibit yang masih gampang rusak. Tanaman di dalam polibag di siram 1 atau 2 hari sekali di waktu pagi atau sore kecuali bila cuaca hujan.

Gulma akan sulit tumbuh bila di siangi dengan di cabut atau di ambil dengan cangkul kecil untuk mencegah hama. Bunga Dahlia di semprot dengan pestisida antracol 2 ahad sekali pada ketika pergantian animo kemarau atau hujan.

Pupuk daun gandasil dan satu gram NPK diberikan seminggu sekali. Penyulaman dan penjarangan dilakukan untuk pertumbuhan Bunga yang seragam, hal ini sanggup dilakukan ketika Bunga berusia 3 Minggu.

Bibit tidak tumbuh tepat kalau pengairan telat dilakukan. Penjarangan Bunga wajib dilakukan semoga diameter Bunga mencapai maksimal.

Banyak baca, banyak tahu : cara menanam dan merawat bunga kenikir

Pada Dahlia kaktus putih cuma satu bunga yang dibiarkan hidup pada satu tangkai. Sedangkan di jenis Dahlia semi - kaktus terdapat 5 atau 6 Bunga.

Penyiangan dilakukan sesuai dengan pertumbuhan gulma pada waktu pemupukan perbumbunan. Pencegahan pertumbuhan gulma dilakukan dengan menghamparkan mulsa organik pada tanaman.

Pada ketika Bunga mencapai 1 M, Bunga dibumbun dan disangga dengan 2 bambu semoga tidak roboh. Pemupukan dilakukan setiap 10 hari memakai urea, SP - 36 dan KCI masing - masing sebanyak 2 Gram atau NPK sebanyak 5 Gram.

Pemberian 10 hari sesudah pindah tanam. Pupuk diberikan dalam larikan sejauh 15 CM dari pangkal batang kemudian tutup pupuk dengan tanah. Pengairan dan penyiraman dilakukan sesuai pertumbuhan Bunga.

Di awal pertumbuhan, di sekitar pangkal batang hingga titik terluar tajuk jangan mengering. Bila perlu siramlah tumbuhan 2 - 3 kali sehari atau tergantung cuaca.

Setelah itu penyiraman sanggup dilakukan 5× sehari. Penyiraman perlu dilakukan sesudah dukungan pupuk pada Bunga Dahlia.


Sumber https://magersena.blogspot.com/